Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Seken Keren - Racikan Bengkel Spesialis Upgrade Perfoma Yamaha Aerox 155 Jadi 183 cc, Aman Buat Harian

Wisnu Andebar - Minggu, 24 Juli 2022 | 14:05 WIB
Yamaha Aerox 155 seken di showroom Antara Motor
Wisnu/GridOto.com
Yamaha Aerox 155 seken di showroom Antara Motor

GridOto.com - Yamaha Aerox 155 generasi pertama bisa menjadi pilihan, buat sobat yang menginginkan sebuah skutik bekas berbodi gambot dengan harga relatif terjangkau.

Berdasarkan pantauan GridOto.com ke beberapa pedagang motor bekas di sekitara Jakarta, Yamaha Aerox 155 bisa didapatkan dengan banderol mulai Rp 18 jutaan.

Sebelum sobat memboyongnya ke garasi rumah, tidak ada salahnya mengetahui estimasi biaya untuk tingkatkan performanya di bengkel spesialis.

Dengan mengganti ukuran piston, secara otomatis kapasitas mesin 155 cc Yamaha Aerox generasi pertama membengkak jadi 183 cc.

"Saya sarankan bore up dengan mengganti blok piston serta piston ukuran 63 mm dari standarnya 58 mm," kata Yoga Ningrat, Owner bengkel Yoga Motoshop di kawasan Cibubur, Jakarta Timur.

"Untuk blok dan piston biasanya kami pakai merek aftermarket besutan KTC yang dibanderol Rp 1,95 juta," lanjutnya kepada GridOto.com, Sabtu (23/7/2022).

Untuk menunjang kapasitas mesin yang membesar, komponen lainnya yang juga perlu disesuaikan adalah ECU (Engine Control Unit).

"Supaya debit bahan bakar lebih maksimal, saya sarankan ganti ECU pakai aRacer seharga Rp 4,55 juta, atau opsi lain bisa pakai piggyback Rp 350 ribu," ujarnya.

Selain itu, tentunya injektor juga menjadi komponen yang perlu diganti agar semprotan bensin ke ruang bakar jadi lebih besar.

Baca Juga: Yamaha NMAX dan Aerox 155 Mau Pasang Intake Downdraft? Ini Yang Diganti

"Injektor bisa pakai punya R15 V3 itu sudah plug and play alias tanpa ubahan dan kualitasnya bagus, untuk harga Rp 500 ribu," imbuhnya.

"Kemudian penyesuaian lainnya meliputi porting polish dengan banderol Rp 250 ribu, ubah sudut kepala silinder Rp 320 ribu, dan noken as Rp 650 ribu," tuturnya.

Lalu bagian sistem pembuangan atau lebih dikenal sebagai knalpot, tak luput jadi salah satu komponen yang harus diganti.

Yoga pun menyarankan menggunakan produk aftermarket merek K'Race yang dibanderol Rp 1,7 juta.

Tersedia pula pilihan yang lebih murah dengan cara custom atau dikenal dengan bobok knalpot seharga Rp 450 ribu sudah termasuk penggantian leher knalpot.

Jika ditotal, biaya untuk ubahan dan spesifikasi tersebut menghabiskan Rp 9,9 jutaan sudah termasuk ECU aRacer dan knalpot K'Race.

Yoga mengklaim, racikan 183 cc untuk Yamaha Aerox 155 di bengkelnya ini sudah melalui tahapan riset yang panjang.

Sehingga memiliki daya tahan yang baik untuk pemakaian harian maupun turing.

Agar lebih maksimal, Yoga Motoshop juga menyediakan beberapa paket upgrade CVT yang dibanderol mulai Rp 340 ribu sampai Rp 2 jutaan.

 

Baca Juga: Sebelum All New Aerox 155 Lahir, Ingatkah Kamu sama Pendahulunya? Namanya Aerox 125LC, Yuk Nostalgia

Sebagai informasi, Yamaha Aerox 155 pertama kali diluncurkan di Indonesia pada 2016 silam.

Untuk urusan dapur pacunya, skutik bongsor ini dibekali mesin berkapasitas 155,1 cc satu silinder, empat tak, SOHC, dengan pendingin cairan.

Mesin tersebut diklaim mampu menyemburkan tenaga 14,7 dk pada 8.000 rpm dan torsi 13,8 Nm pada 6.250 rpm.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa