Seken Keren - Ketahui Masalah Kode Error 12 di Yamaha Aerox 155, Kalau Cuek Motor Bisa Kebakaran, Ini Solusinya

Harun Rasyid - Minggu, 24 Juli 2022 | 18:05 WIB

ilustrasi Yamaha Aerox 155 (Harun Rasyid - )

GridOto.com - Yamaha Aerox 155 generasi pertama memiliki penyakit yang cukup fatal di bagian kelistrikan, yaitu munculnya kode error 12.

Menurut Yoga Ningrat, Owner bengkel spesialis big matic Yoga Motoshop (YMS) di Jakarta Timur, masalah kode error 12 di Yamaha Aerox 155 mengakibatkan soket spul selalu kepanasan.

Sehingga masalah kode error 12 di Yamaha Aerox 155 tidak bisa dibiarkan, sebab soket spul tersebut lama kelamaan bisa terbakar.

"Efek yang paling fatal itu motornya juga bisa kebakaran. Tapi untungnya jika muncul kode error 12, ECU (Electronic Control Unit) akan membuat mesin mati untuk mencegah kebakaran merembet. Penyebab masalah ini kemungkinan karena spul dan soketnya tidak sinkron," ujar Yoga kepada GridOto.com, Sabtu (23/7/2022).

Selain itu, dampak dari didiamkannya masalah kode error 12 di Yamaha Aerox 155 lawas juga dapat mengakibatkan rusaknya part lain di bagian kelistrikan.

"Kalau pemilik kurang aware, bisa merusak ECU hingga speedometer juga bisa mati. Nah kalau sudah begini, banyak yang harus diganti," kata Yoga.

FB/Rehan Bank Shekay‎ & Putra Hungkul W Lah‎
Muncul kode Error 12 di speedometer Yamaha Aerox 155

Lebih lanjut, solusi masalah kode error 12 di Yamaha Aerox 155 muncul ketika generasi terbarunya meluncur pada 2020.

"Pas All New Aerox 155 keluar, spulnya sudah berubah dari model lamanya yaitu tidak lagi pakai soket tapi spulnya langsung terhubung ke ECU," sebut Yoga.

"Jadi spul set beserta kabel milik All New Aerox 155 bisa diganti ke Aerox 155 lama agar tidak ada lagi masalah soketnya kepanasan," lanjutnya.