Adu Power di Atas Dynamometer, Vario 160 vs Aerox 155 Unggul Siapa?

Dimas Pradopo - Kamis, 30 Juni 2022 | 19:47 WIB
Komparasi dynotest Vario 160 vs Aerox 155
Otomotif TV
Komparasi dynotest Vario 160 vs Aerox 155

GridOto.com - Persaingan Honda Vario 160 dan Aerox 155 memang menarik untuk diperbincangkan, kali ini giliran adu tenaga di atas dynamometer.

Tentunya untuk melihat tenaga dan torsi di roda, apakah Vario 160 gantian unggul atau malah kali ini Aerox 155 yang digdaya?

Untuk mengetahuinya, keduanya dibawa ke Sportisi Motorsport yang berada di Rawamangun, Jakarta Timur, untuk dilakukan tes pakai dynamometer Dynojet 250i.

Sebagai catatan, kedua motor kondisinya standar pabrik. Dan masing-masing merupakan unit yang dipinjam dari masing-masing APM, Vario 160 dari PT Astra Honda Motor, sedang Aerox 155 dari PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing.

Tentu dengan harapan kondisi kedua motor sama-sama fit karena langsung dipinjam dari pembuatnya. 

Bahan bakar sama-sama menggunakan Pertamax, lalu keduanya diuji sampai dapat performa terbaiknya.

Jadi setiap motor dilakukan pengambilan data tenaga dan torsi hingga maksimal, artinya ketika sudah turun baru berhenti, jika masih naik maka diteruskan dicoba lagi.

Nah tenaga dan torsinya unggul Vario 160 atau Aerox 155? Hasilnya mengejutkan! Karena ternyata kendati klaim tenaga keduanya sama, yaitu 15,2 dk, nyatanya di roda lebih besar Vario 160. Begitu pula torsinya, walaupun klaim Aerox 155 lebih besar, di roda ternyata hasilnya lain.

Untuk jelasnya langsung saja tonton videonya yang tayang di YouTube OTOMOTIF TV di bawah ini;


Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa