Seken Keren - Bengkel Kasih Wejangan Sebelum Beli Kawasaki Ninja 250 Fi, Ini yang Perlu Diperhatikan

Wisnu Andebar - Sabtu, 2 Juli 2022 | 18:05 WIB
Ilustrasi Kawasaki Ninja 250 FI bekas.
Maman
Ilustrasi Kawasaki Ninja 250 FI bekas.

GridOto.com - Kawasaki Ninja 250 Fi bekas bisa menjadi pilihan, buat sobat yang menginginkan sebuah sport fairing 250 cc dengan harga relatif terjangkau.

Berdasarkan pantauan GridOto.com ke beberapa pedagang motor bekas, Kawasaki Ninja 250 Fi bisa didapatkan dengan banderol mulai Rp 27 jutaan hingga Rp 45 juta tergantung kondisi dan tahun.

Namun, sebelum memboyong Ninja 250 Fi bekas ke garasi rumah, ada baiknya sobat memerhatikan beberapa hal ini agar tidak salah pilih.

Menurut Owner bengkel Mahendra Motosport, Ivan Hendra Adinata, hal pertama yang harus perhatikan adalah kondisi oli mesinnya.

"Buka tutup olinya dicek masih bagus atau enggak. Kalau warnanya sudah hitam apalagi mau kecoklatan itu tandanya minta diganti," buka Ivan kepada GridOto.com, Jumat (2/7/2022).

Setelah itu, Ivan pun mewanti-wanti untuk mendengarkan suara mesinnya terlebih dahulu agar tidak dapat unit yang rusak.

Sembari mendengarkan suara mesin, sobat juga bisa sekalian memeriksa apakah ada oli mesin yang rembes.

"Kalau motornya sudah pakai knalpot racing, tutup dulu lubang knalpot biar suara mesinnya terdengar," beber pria yang buka bengkel di Bekasi, Jawa Barat.

"Apabila ada suara berisik seperti ngelitik, biasanya indikasi mesin bermasalah. Kemungkinan rantai keteng, metal kruk as, atau bisa juga dari piston," lanjutnya.

Baca Juga: Blok Silinder Kawasaki Ninja 250 Karbu Punya Kelebihan Dibanding Ninja 250 FI

Pemeriksaan selanjutnya, sobat dapat melakukan test ride untuk memastikan kondisi kaki-kaki maupun indikator pada panel instrumen Kawasaki Ninja 250 Fi.

"Kalau bisa bawa test ride sampai mesin panas, periksa kipas radiator berfungsi normal enggak. Karena kipas radiator sangat vital fungsinya, kalau rusak mesin bisa overheat," pungkasnya.

Sebagai informasi, Kawasaki Ninja 250 Fi dibekali mesin DOHC 2 silinder berkapasitas 249 cc dan sudah dilengkapi pendingin carian.

Mesin tersebut diklaim mampu memuntahkan tenaga 32 dk di 11.000 rpm dan torsi sebesar 21 Nm pada 10.000 rpm.


Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa