Jatuh Bangun Toyota Avanza Mengarungi Kerasnya Persaingan di Empat Bulan Pertama 2022

Muhammad Ermiel Zulfikar - Jumat, 3 Juni 2022 | 19:20 WIB
Toyota All New Avanza masih pakai jok berbahan fabric
Rianto Prasetyo / GridOto.com
Toyota All New Avanza masih pakai jok berbahan fabric

GridOto.com - Perlahan Toyota Avanza mulai menunjukkan taringnya, sebagai 'raja' di segmen Low Multi Pupose Vehicle (LMPV) dalam beberapa bulan terakhir.

Sempat terdepak dari 10 besar mobil terlaris di Indonesia pada Januari 2022 lalu, nyatanya tidak sulit bagi Toyota Avanza generasi ketiga ini untuk membalikkan keadaan.

Tanpa bantuan Toyota Veloz yang kini penjualannya dihitung terpisah, Avanza pun bisa merebut kembali takhta LMPV terlaris pada dua bulan berikutnya atau Maret 2022.

Bahkan di tengah gempuran para pesaingnya yang semakin kompetitif, tren positif tersebut berhasil dipertahankan hingga April 2022 lalu.

Menurut Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy, selama periode Januari-April 2022 pihaknya sukses membukukan penjualan Avanza sebanyak belasan ribu unit.

Sementara Toyota Veloz membuntuti di bawahnya, dengan mencatatkan angka penjualan lebih dari 10 ribu unit selama periode tersebut.

Alhasil, keduanya pun berhasil membuat Toyota menguasai lebih dari 40 persen market share di segmen LMPV.

Toyota All New Veloz.
Rianto Prasetyo / GridOto.com
Toyota All New Veloz.

"Secara total, dari awal tahun Toyota Avanza sudah terjual secara retail 15.639 unit. Sementara Toyota Veloz selama empat bulan terjual 10.429 unit," tutur Anton kepada GridOto.com belum lama ini.

"Dengan kedua produk ini, Toyota berkontribusi lebih dari 40 persen market share di segmen LMPV sepanjang tahun ini, atau dari Januari hingga April 2022," imbuhnya.


Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa