Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Kado Perpisahan Indah dari Amelia Tjandra, Bawa Daihatsu Jadi Merek Mobil Terlaris Kedua di Indonesia 13 Tahun Berturut-turut

Wisnu Andebar - Rabu, 1 Juni 2022 | 15:40 WIB
Amelia Tjandra, selaku Direktur Pemasaran ADM saat ditemui GridOto.com di kantornya yang terletak di kawasan Sunter, Jakarta Utara
Hendra/GridOto.com
Amelia Tjandra, selaku Direktur Pemasaran ADM saat ditemui GridOto.com di kantornya yang terletak di kawasan Sunter, Jakarta Utara

GridOto.com - Membangun karier bersama Daihatsu sejak 1990 silam, Amelia Tjandra resmi memasuki masa purnabakti pada Mei 2022 lalu.

Tongkat estafet Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor (ADM) yang selama ini dipegangnya, kini sudah beralih tangan kepada Sri Agung Handayani.

Selama 32 tahun berkiprah di industri otomotif Tanah Air, wanita yang akrab disapa Amel ini sejatinya mengawali karier di divisi spare part ADM.

Boleh dibilang, ia menjadi satu-satunya wanita yang berada di posisi tersebut.

Kemudian pada 2005 Amel berpindah unit dan diberikan tantangan baru, yakni agar Daihatsu bisa diterima lebih baik lagi hingga dicintai masyarakat Indonesia.

Dalam posisi barunya tersebut, Amel bersama tim terlibat dalam pengembangan brand Daihatsu di Indonesia.

Sehingga ia tidak hanya paham dalam bidang purnajual, tetapi juga dari sisi pemasarannya.

Kerja keras Amel pun akhirnya berbuah manis, hingga menghasilkan sederet prestasi bagi Daihatsu di kancah industri otomotif Tanah Air.

Salah satunya berhasil membawa Daihatsu jadi merek mobil terlaris kedua di Indonesia selama 13 tahun berturut-turut sejak 2009 silam.

Baca Juga: Amelia Tjandra, Direktur Daihatsu yang Punya Hobi Berisiko Tinggi

Daihatsu juga memproduksi dan ekspor kendaraan dengan brand Toyota seperti Rush, Avanza, Wigo, Raize, Town/Lite Ace, serta brand Mazda dengan model Bongo.

Seluruh produk tersebut secara total diekspor ke-75 negara di dunia, mulai ASEAN, Asia Selatan, Asia Timur, Timur Tengah, Afrika, hingga Amerika Latin.

Tidak hanya itu, ADM kini menjadi salah satu production base terbesar untuk mobil Daihatsu maupun Toyota dengan kapasitas produksi 530 ribu unit per tahun.

Memasuki pengujung kariernya, Amel pun menempati jabatan sebagai Direktur Pemasaran dan dan Direktur Corporate Planning & Communication ADM yang memberi kesibukan luar biasa.

Amelia yang cinta lingkungan terutama dunia laut
Amelia yang cinta lingkungan terutama dunia laut

Walaupun begitu, ia tetap menerapkan pola seimbang dalam hidupnya.

Mulai dari bekerja, rohani, dan kehidupan sosialnya termasuk menjalankan hobi menyelamnya.

"Akhirnya tiba saatnya saya harus masuk masa purnabakti dan saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh rekan-rekan," kata Amel saat berada di Sunter, Jakarta Utara.

"Posisi saya akan digantikan oleh ibu Agung, saya yakin beliau adalah pengganti saya yang sangat kompeten, berkat pengalamannya di dunia otomotif," pungkasnya.

Selamat menjalani masa pensiun ibu Amelia Tjandra, sukses di mana pun berada!

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa