Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ternyata Irit Bensin, Sekali Isi Tangki Full Yamaha Fazzio Bisa Melaju 263 Km

Muhammad Farhan,Antonius Yuliyanto - Selasa, 31 Mei 2022 | 20:49 WIB
Test Ride Yamaha Fazzio Hybrid
F.Yosi/Otomotifnet
Test Ride Yamaha Fazzio Hybrid

GridOto.com - Tampaknya mesin baru yang dikembangkan dan dipakai Fazzio konsepnya sudah beda dengan mesin Mio M3 atau FreeGo, Fazzio lebih mengedepankan keiritan konsumsi bensin.

Dan agar tarikan awal tetap cepat ditambahkan teknologi hybrid pada mesin 125 cc Blue Core generasi terbaru Yamaha.

Bukan cuma ada hybrid, tapi memang mayoritas baru. Dibandingkan mesin Freego, cuma bagian kepala silinder dan blok yang sama. Sementara crankcase ke belakang total baru. 

Termasuk piston forged yang dipakai pun baru, punya dimensi lebih tinggi 0,3 mm dari milik FreeGo, makanya rasio kompresinya naik dari 9,5:1 jadi 11:1.

Tentunya hal ini bertujuan untuk meningkatkan performa efisiensi pembakaran.

Area crankcase khususnya CVT yang beda dibanding FreeGo adalah jarak antarpuli yang lebih pendek, Fazzio hanya 228,46 mm, bandingkan dengan Fino yang mencapai 253,28 mm.

Hal itu tentunya bisa meningkatkan keresponsifan mesin, karena ukuran v-belt juga jadi lebih pendek. Buat stop and go di jalanan padat efeknya tarikan jadi tetap cepat.

Tapi memang ketika ketemu jalanan kosong untuk meraih kecepatan tinggi jadi terasa cukup lama karena walaupun torsi maksimal besar, 10,6 Nm di 4.500 rpm, tapi tenaga maksimal tergolong kecil, cuma 8,3 dk di putaran mesin 6.500 rpm.

Tapi ada enaknya juga, ketika kecepatan sudah tinggi mesin terasa rileks, khas CVT yang dikasih roller berat. Efeknya konsumsi bensinya bisa irit banget.

Baca Juga: Tes Akselerasi Yamaha Fazzio Kondisi Hybrid On dan Off, Seberapa Besar Bedanya?

Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa