Subaru Belum Ada Niatan Jual Forester Hybrid e-Boxer di Indonesia, Kenapa?

Naufal Shafly - Rabu, 18 Mei 2022 | 20:15 WIB
Subaru Forester tipe 2.0 i-L
Naufal Shafly/GridOto.com
Subaru Forester tipe 2.0 i-L

GridOto.com - All New Subaru Forester hanya dijual di Indonesia dengan satu pilihan mesin, yakni FB20 boxer berkapasitas 2.000 cc N/A.

Padahal untuk pasar global, Subaru Forester punya ragam pilihan mesin, dan salah satunya sudah adopsi teknologi hybrid yang diberi nama e-Boxer.

Lantas, mengapa PT Plaza Auto Mega (Subaru Indonesia) tidak membawa Forester Hybrid ke Indonesia?

Mengingat tren elektrifikasi kendaraan termasuk teknologi hybrid, lagi naik daun dan cukup populer di Indonesia.

Menurut COO Subaru Indonesia, Arie Christopher, pihaknya saat ini masih berfokus untuk memasarkan Forester bermesin konvensional atau internal combustion engine (ICE).

"Subaru pasti akan mengikuti tren, tapi memang untuk berubah ke tren kendaraan listrik itu harus siap dulu infrastrukturnya, dan itu membutuhkan waktu," ucap Arie dalam konferensi pers, Rabu (18/5/2022).

Meski begitu, Arie menegaskan pihaknya memiliki rencana untuk turut serta memasarkan produk elektrifikasi.

"Intinya adalah saya tidak mau melakukan sesuatu kalau infrastrukturnya belum siap. Kami akan melakukan perubahan kalau semua infrastruktur sudah siap," tutur Arie lagi.

"Tujuannya apa? Untuk kepuasan konsumen sendiri," pungkasnya.

Baca Juga: Konsumen Harap Bersabar, Subaru Forester Baru Bisa Dikirim Agustus 2022 Mendatang

Ia juga mengaku belum bisa memastikan kapan Subaru Indonesia akan siap meluncurkan produk elektrifikasi mereka di Tanah Air.

"Rencana ada, tapi saya belum bisa jawab kapan. Saat ini kami masih analisa terus perkembangan trennya, masih studi terus, masih survei terus," jelasnya.

Marketing Communication Manager Subaru Indonesia, Ismail Aslan, pun menyebut pihaknya kini berfokus untuk meluncurkan produk sesuai kebutuhan konsumen.

"Sebenarnya apa yang kami tawarkan sesuai dengan price positioningnya dan sesuai dengan apa yang kami sarankan ke Subaru Corporation Jepang, terkait fitur dan lain-lain," ucap pria yang akrab disapa Ismail ini dalam kesempatan yang sama.

"Kami sudah melakukan riset dan diskusi dengan berbagai pihak, termasuk komunitas, sehingga produk kami di Indonesia benar-benar sesuai dengan kebutuhan pasar," tambahnya.

Mesin FB20 berkapasitas 2.000 cc milik Subaru Forester.
Naufal Shafly/GridOto.com
Mesin FB20 berkapasitas 2.000 cc milik Subaru Forester.


Sebagai informasi, Subaru Forester e-Boxer untuk pasar Australia dibekali mesin boxer empat silinder berkapasitas 1.995 cc.

Mesin berkode FB20D tersebut dapat menghasilkan tenaga 110 149,5 dk dan torsi 196 Nm.

Menariknya Forester e-Boxer juga dibekali motor listrik Permanent Magnet Synchronous yang berpadu dengan transmisi Lineartronic miliknya.

Motor listrik tersebut menyalurkan tenaga sebesr 16 dk, serta torsi 66 Nm dari baterai Lithium-ion.

Seperti mobil hybrid lainnya, motor listrik mungil Forester e-Boxer ini juga berfungsi utama sebagai assist mesin atau mengecas baterai.


Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa