Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Enggak Perlu Khawatir Lagi Sokbreker Belakang Subaru Forester Bermasalah, Segini Biayanya di Bengkel Spesialis

Muslimin Trisyuliono - Selasa, 17 Mei 2022 | 14:07 WIB
Subaru Forester generasi ketiga di bengkel BSS Motor
Muslim/GridOto.com
Subaru Forester generasi ketiga di bengkel BSS Motor

GridOto.com - Subaru Forester generasi ketiga varian mesin 2.000 cc kini harganya relatif terjangkau yakni mulai Rp 120 jutaan tergantung kondisi masing-masing unit.

Jika sobat tertarik membeli Forester generasi tersebut, Virajayo, Owner bengkel spesialis Subaru, BSS Motor di Bekasi, Jawa Barat mengatakan, wajib memperhatikan sektor kaki-kakinya.

Sebab SUV dengan penggerak All Wheel Drive (AWD) ini paling banyak bermasalah di bagian kaki-kakinya.

Menurut pria yang akrab disapa Vira, salah satu masalah yang banyak ditemui pada Forester generasi ketiga dengan mesin 2.000 cc yakni sokbreker belakang.

"Kalau sudah rusak (sokbreker belakang) cukup besar biayanya karena pakai SLS atau self leveling suspension. Jadi mobil mau dimuat berapa pun itu tidak akan turun," ujar Vira kepada GridOto.com belum lama ini.

"Cara ceknya gampang lihat bagian sokbreker basah atau tidak, kalau basah sudah pasti bocor," sambungnya.

Soal harga, untuk sokbreker belakang orisinal Forester generasi ketiga ini dibanderol sekitar Rp 18 juta.

Sebagai opsi, di bengkel BSS Motor juga menyediakan sokbreker merek aftermarket seperti Jamex atau Focus dengan banderol lebih terjangkau Rp 2,2 juta.

"Tapi per-nya harus ganti, karena SLS kalau dipasang sokbreker biasa akan drop sekitar 3 cm. Supaya tidak drop pernya diganti custom sekitar Rp 1 juta, itu ayunan jadi enak," terang Vira.

Baca Juga: Seken Keren - Panduan Sebelum Beli Subaru Forester Bekas, Bengkel Spesialis Sebut Pastikan Mesin Enggak Ada Suara Aneh

Sekadar informasi, Subaru Forester generasi ketiga diluncurkan di Tanah Air pada 9 September 2008 dengan dua pilihan varian 2.0X dan 2.5XT, dan tersedia dalam transmisi otomatis 4-speed dengan SPORTSHIFT.

Fitur entertainmen sudah dilengkapi sistem audio 7-speaker dengan SRS Circle Surround Automotive dan 6 CD changer yang diatur dengan steering satellite switch.

Tak ketinggalan, fitur keamanan meliputi three-point seatbelts dilengkapi dengan pre-tensioners dan memuat limiters yang terdapat di tempat duduk depan dan belakang, disesuaikan dengan SRS frontal, front side dan curtain airbags, juga sandaran kepala aktif untuk pengendara dan penumpang.

Tingkat keamanan lainnya adalah adanya ABS dengan Electronic Brake-force Distribution (EBD) dan Brake Assist System.


BSS Motor: Jalan sultan Hasanudin Km 40,8, Tambun Selatan, Bekasi (021-88391462).

Editor : Eka Budhiansyah

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa