Seken Keren - Panduan Sebelum Beli Subaru Forester Bekas, Bengkel Spesialis Sebut Pastikan Mesin Enggak Ada Suara Aneh

Muslimin Trisyuliono - Sabtu, 14 Mei 2022 | 15:01 WIB

Ilustrasi Subaru Forester (Muslimin Trisyuliono - )

GridOto.com - Subaru Forester generasi ketiga bisa menjadi opsi buat yang ingin memiliki SUV dengan penggerak All-Whell Drive (AWD) dan harga sudah relatif terjangkau.

Di pasaran, Forester generasi ketiga varian 2.0X yang menggunakan mesin DOHC Subaru Boxer 2.000 cc dibanderol mulai Rp 120 juta sampai Rp 150 jutaan tergantung kondisi unit.

Meski harganya sudah murah, ada baiknya sobat mengetahui tips beli dari bengkel spesialis.

Hal tersebut perlu sobat perhatikan agar tidak merugi karena mendapat kondisi yang kurang baik atau tidak sesuai harapan.

Menurut Virajayo, owner bengkel spesialis Subaru BSS Motor di Tambun, Bekasi, Jawa Barat, hal pertama yang harus diperhatikan adalah kondisi mesin.

Pria yang akrab disapa Vira mengatakan, cara termudah calon pembeli bisa meminta pemilik untuk tidak menghidupkan mesin terlebih dahulu sebelum cek unit.

"Jadi pas datang baru dihidupkan mesin, ini supaya kita bisa dengar pada saat mesin hidup ada suara aneh atau tidak," ujar Vira kepada GridOto.com, Jumat (13/05/2022).

"Biasanya saat 30 detik awal dihidupkan kalau ada masalah langsung ketahuan ada suara aneh," sambungnya.

Vira menambahkan, langkah kedua calon pembeli bisa cek sistem transmisi matik dari Subaru Forester incaran.

Baca Juga: Seken Keren - Subaru Forester SUV Gagah Berpenggerak AWD, Harganya Kini Mulai di Bawah Rp 150 Jutaan

"Cara cek matiknya gampang masuk di D, injak rem, tarik rem tangan, dan injak gas. Itu RPM tidak akan lebih dari 2.200 maksimum 2.400, kalau lebih dari itu torsi konverternya sudah lemah," ucapnya.

Terlepas dari itu, sobat bisa melakukan tes jalan untuk mengetahui bagian kaki-kaki apakah ada bunyi, dan cek bagian sokbreker belakang masih layak dipakai atau tidak.

"Kalau sudah rusak cukup besar biayanya karena pakai SLS atau self leveling suspension. Jadi mobil mau dimuat berapa pun itu tidak akan turun. Ceknya kelihatan sokbreker basah atau tidak," jelas Vira.

Jika masih kurang yakin, sobat bisa mendatangi bengkel spesialis untuk melakukan pengecekan unit Subaru Forester incaran secara menyeluruh.

"Bisa pengecekan, di sini biayanya Rp 150 ribu meliputi pengecekan mesin, kaki-kaki dan pengereman, tapi dengan catatan tidak ada yang bongkar," pungkasnya.


BSS Motor: Jl. Sultan Hasanudin Km. 40,8 No. 168, Tambun, Bekasi, Jawa Barat

Telp: (021-8839-1462)