Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Seken Keren - Jangan Asal Pilih, Ini Rekomendasi Oli Mesin Subaru Forester Menurut Bengkel Spesialis

Muslimin Trisyuliono - Sabtu, 14 Mei 2022 | 18:19 WIB
Subaru Forester generasi ketiga di bengkel BSS Motor
Muslim/GridOto.com
Subaru Forester generasi ketiga di bengkel BSS Motor


GridOto.com - Subaru Forester generasi ketiga bisa menjadi opsi buat sobat yang ingin SUV bekas dengan penggerak All-Whell Drive (AWD) dengan harga terjangkau.

Di pasaran, Forester generasi ketiga varian 2.0X yang menggunakan mesin DOHC Subaru Boxer 2.000 cc dibanderol mulai Rp 120 juta sampai Rp 150 jutaan tergantung kondisi unit.

Selain harganya yang kini sudah relatif terjangkau, salah satu hal yang menarik dari Subaru Forester ini ada pada ketangguhan mesinnya.

Virajayo, Owner BSS Motor, bengkel spesialis Subaru di Tambun, Bekasi menilai mesin dari Forester generasi ketiga ini diakui tidak cengeng.

"Mesin sejauh disiplin seperti ganti oli dan perawatan hampir tidak ada masalah. Kami menemukan ada sampai 300.000 km mesin tidak ada kendala berarti sampai sekarang," ujar Virajayo kepada GridOto.com, Jumat (13/05/2022).

Kendati demikian, pria yang akrab disapa Vira ini mengungkapkan mengganti oli mesin dari Subaru Forester tidak boleh sembarangan.

"Salah kekentalan oli efeknya ke connecting bearing dan main bearing akan kemakan karena tingkat keausannya lebih cepat," ucap Vira.

"Sebenarnya standarnya pakai 0W-20, cuma di Indonesia pakai itu terlalu encer karena tropis, jadi kami sarankan pakainya 5W-30," sambungnya.

Lebih lanjut, Vira menyarankan untuk penggantian oli mesin Subaru Forester dilakukan tiap kelipatan 5.000 km.

Baca Juga: Seken Keren - Panduan Sebelum Beli Subaru Forester Bekas, Bengkel Spesialis Sebut Pastikan Mesin Enggak Ada Suara Aneh

"Oli pakai 5,5 liter, opsi ada Idemitsu, Caltex, Shell HX8 per liter harganya mulai Rp 100 ribu sampai Rp 200 ribu tergantung merek," pungkasnya.

BSS Motor: Jl. Sultan Hasanudin Km. 40,8 No. 168, Tambun, Bekasi, Jawa Barat

Telp: (021-8839-1462)

Editor : Eka Budhiansyah

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa