Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Harganya Mulai di Bawah Rp 80 Jutaan, Perawatan Suzuki Swift Mahal atau Murah?

Muslimin Trisyuliono - Senin, 2 Mei 2022 | 15:00 WIB
Suzuki Swift generasi pertama
Dok. Suzuki
Suzuki Swift generasi pertama

GridOto.com - Suzuki Swift mengaspal di Tanah Air sejak 2005 dengan status completely build up (CBU) alias impor utuh dalam dua varian, yakni tipe GT dan GL.

Dua tahun selanjutnya atau pada 2007, Swift mulai dirakit secara lokal dibekali dapur pacu 1.500 cc dengan dua varian ST (Standar) dan GT2 dengan body kit Swift Sport.

Generasi Swift selanjutnya meluncur pada 2012 pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) dengan dua pilihan mesin 1.400 cc dan 1.600 cc.

Soal harga, Swift generasi pertama dengan kode mesin M15A di pasar mobil bekas bisa dipinang mulai Rp 69 juta sampai Rp 115 juta.

Buat yang ingin memboyong unit Swift bekas, ada baiknya mengetahui pantuan servis berkala dan estimasi biaya di bengkel spesialis.

Seperti kita ketahui perawatan mulai servis berkala penting dilakukan pemilik mobil agar performa Swift tetap optimal.

Menurut Wahri, owner bengkel Spesialis Suzuki Ari Motor di BSD, Tangerang Selatan, servis berkala Swift sebaiknya dilakukan tiap kelipatan 5.000 km.

"Karena kondisi jalanan di Indonesia macet, saat macet oli mesin berputar terus, makanya sebenarnya biar aman ganti di kelipatan 5.000 km," ujar Ari kepada GridOto.com belum lama ini.

Soal oli mesin, Swift dengan kode mesin M15A ini Ari memakai dengan tingkat kekentalan 10W-40.

Baca Juga: Seken Keren - Harga Komponen Kaki-kaki Suzuki Swift di Bengkel Spesialis, Mulai Rp 50 Ribuan Aja

"Olinya kalau di saya biasanya Shell atau Suzuki Genuine Oil (SGO), kekentalannya pakai 10W-40. Pakainya 3,3 liter, harga oli per galonnya sekitar Rp 300 ribuan," sambungnya.

Sementara untuk servis besar, Ari menjelaskan Swift dilakukan tiap kelipatan 20.000 km atau empat kali ganti oli.

"Kalau servis besar seperti tune-up bisa di kelipatan 15.000 km atau 20.000 km. Yang dikerjakan tune-up, scan, general check-up, ganti oli, servis rem, cek kaki-kaki," ucap Ari.

Untuk harga, Ari mengungkapkan estimasi biaya servis besar Swift berkisar diantara Rp 1,5 juta sampai Rp 2 juta sudah termasuk jasa.


Ari Motor: Ruko BSD Autopart Blok K No.9 Serpong, Tangerang Selatan.

0856-9795-4735 (Ari)

Editor : Hendra

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa