Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Seken Keren - Waspada, Masalah Kaki-kaki Ini Sering Muncul di Suzuki Swift

Naufal Shafly - Minggu, 1 Mei 2022 | 08:21 WIB
Suzuki Swift
Dok OTOMOTIF
Suzuki Swift

Gridoto.com - Suzuki Swift generasi pertama kini harga bekasnya sudah relatif terjangkau di pasaran, yakni mulai Rp 80-100 jutaan tergantung kondisi masing-masing unit.

Meski harganya sudah relatif murah, tapi sobat jangan asal membeli mobil ini tanpa mengetahui penyakit apa yang sering menerpanya.

Menurut Wahri, Owner bengkel spesialis Suzuki Ari Motor di BSD, Tangerang Selatan, penyakit yang paling sering ditemui pada Swift generasi pertama adalah masalah di bagian kaki-kaki.

"Kalau bagian kaki-kaki biasanya rack steer, karena kan dia sudah pakai EPS (Electric Power Steering) jadi dia cenderung lebih gampang kena," buka Wahri saat ditemui GridOto.com, Selasa (26/4/2022).

Ia menjelaskan, ciri-ciri Suzuki Swift yang mengalami masalah rack steer adalah munculnya bunyi saat mobil sedang berjalan.

"Penyebabnya karena bushing rack steer-nya oblak, itu karena usia aja, biasanya pemakaian 5-6 tahun sudah mulai bunyi-bunyi," kata pria yang akrab disapa Ari ini.

Untuk masalah seperti ini, ada dua metode yang biasa dilakukan Ari di bengkelnya, yakni servis dan mengganti komponen rack steer yang bermasalah.

Kalau servis, itu yang diganti bushingnya aja, dibikinin pakai bahan teflon. Biayanya sekitar Rp 1,8 juta sampai Rp 2 jutaan, ada garansinya selama dua bulan," ucap Ari.

Sedangkan, penggantian komponen rack steer bisa dilakukan dengan dua opsi yakni menggunakan barang baru (original) atau bekas (copotan).

Baca Juga: Seken Keren - Biar Enggak Nyesel, Bengkel Spesialis Beri Wejangan Cara Berburu Unit Suzuki Swift Bekas

Jika menggunakan komponen baru, biayanya berkisar di angka Rp 13 jutaan

"Kalau mau yang lobih hemat pakai barang copotan, harganya sekitar Rp 3,5 jutaan," tutupnya.

Ari Motor di BSD Autopart, Blok. K, No. 9-10, Tangerang Selatan (085697954735)

Editor : Hendra

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa