Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Seken Keren - Biar Enggak Nyesel, Bengkel Spesialis Beri Wejangan Cara Berburu Unit Suzuki Swift Bekas

Muslimin Trisyuliono - Sabtu, 30 April 2022 | 20:30 WIB
Ilustrasi Suzuki Swift
Dok Otomotif
Ilustrasi Suzuki Swift

GridOto.com - Suzuki Swift mengaspal di Tanah Air sejak 2005 dengan status completely build up (CBU) alias impor utuh dalam dua varian, yakni tipe GT dan GL.

Dua tahun selanjutnya atau pada 2007, Swift mulai dirakit secara lokal dibekali dapur pacu 1.500 cc dengan dua varian ST (Standar) dan GT2 dengan body kit Swift Sport.

Generasi Swift selanjutnya meluncur pada 2012 pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) dengan dua pilihan mesin 1.400 cc dan 1.600 cc.

Buat yang ingin memboyong unit Swift bekas, ada baiknya mengetahui tips dari bengkel spesialis.

Hal tersebut perlu sobat perhatikan agar tidak merugi karena mendapat kondisi yang kurang baik atau tidak sesuai harapan.

Menurut Wahri, owner bengkel Spesialis Suzuki Ari Motor di BSD, Tangerang Selatan, hal pertama yang harus diperhatikan sistem pendingin mesin dari Swift incaran.

Pria yang akrab disapa Ari ini menyebut, penyakit yang paling sering ditemui pada Swift terlebih untuk 1.500 cc kode mesin M15A ini adalah overheat.

"Sama seperti hampir semua Suzuki (kode mesin) seri M lainnya yang perlu di cek air radiator ada kebocoran, bekas overheat atau tidak," ujar Ari kepada GridOto.com, Selasa (26/04/2022).

Ari melanjutkan, pengecekan bisa bergeser seperti mobil pada umumnya meliputi bagian mesin dan transmisi terlebih bila menggunakan matik.

"Pengecekan standar mobil lain untuk matik tes matiknya ada ngejedak atau tidak, mesin dilihat apakah ada kebocoran oli, rack steer cek ada bunyi," sambungnya.

Baca Juga: Seken Keren - Suzuki Swift Si Hatchback Ganteng dan Nyaman, Enggak Nyangka Harganya Mulai di Bawah Rp 80 Jutaan

Bila sobat masih ragu melakukan pengecekan sendiri, bisa membawa unit Swift incaran ke bengkel untuk dilakukan general check up.

"Bisa (cek di bengkel), kalau tidak ada bongkar apa-apa tidak kena biaya, pngecekannya mesin, kaki-kaki, kalau transmisi matik kami cek matik-nya itu saja," pungkasnya.

Ari Motor: Ruko BSD Autopart Blok K No.9 Serpong, Tangerang Selatan.

0856-9795-4735 (Ari)

Editor : Dida Argadea

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa