Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Electric Mobility (ELMO)

Mobil Listrik Chery EQ1 Masih Tes Pasar, Kapan Calon Pesaing Wuling GSEV Ini Bakal Dijual di Indonesia?

Wisnu Andebar - Senin, 11 April 2022 | 10:30 WIB
Chery EQ1 di Indonesia International Motor Show 2022.
Rayhan Haikal/GridOto.com
Chery EQ1 di Indonesia International Motor Show 2022.

GridOto.com - PT Chery Motor Indonesia (Chery) membawa sejumlah produk unggulan dalam pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid, yang berlangsung selama 31 Maret hingga 10 April 2022.

Selain line up SUV series mereka seperti Skytour, Omoda 5, Tiggo 8 Pro dan Tiggo 7 Pro, Chery juga memboyong mobil listrik mungilnya yakni EQ1.

Namun dari kelima produk tersebut, hanya Chery EQ1 yang belum bisa dipesan oleh konsumen, meski diklaim banyak yang tertarik dengan mobil listrik mungil tersebut.

"Memang respons konsumen sangat baik, kami lagi tes pasar dahulu,"  kata Zeng Shou, Sales & Dealer Network Development Director CMI saat berada di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat belum lama ini.

"Kalau banyak konsumen Indonesia suka model ini tahun depan kami punya rencana untuk jual di Indonesia juga," imbuhnya.

Adapun Chery EQ1 pertama kali diperkenalkan di China pada 2017 lalu, sebagai model kendaraan listrik murni pertama yang dibangun dengan bodi aluminium ringan.

Calon pesaing Wuling GSEV dengan empat kursi dan dua pintu ini mampu dijalankan lebih dari 300 kilometer dalam kondisi baterai penuh.

Kini dengan berbagai keunggulan pada generasi terbarunya, penjualan Chery EQ1 mampu mencapai 200.000 unit hanya dalam kurun waktu empat tahun.

Secara akumulatif, perolehan tersebut diklaim menempati peringkat pertama di antara jenis kendaraan listrik dengan harga serupa.

Baca Juga: Comeback di Indonesia, Chery Langsung Pasang Target Buka 100 Dealer

Chery EQ1 generasi terbaru dilengkapi dengan tombol untuk parkir otomatis, pusat pengontrol satu tombol, start AC jarak jauh, dan pusat pengisian daya yang secara keseluruhan menampilkan kenyamanan.

Mobil listrik mungil ini juga dilengkapi dengan layar LCD berdefinisi tinggi 10 inci, interaksi implementasi suara cerdas Artificial Intelligence, wireless charger, dan Baidu Car-Life+4GWi-Fi yang dapat membantu pengguna terkoneksi secara online.

Inovasi terbaru Chery EQ1 saat ini merupakan kombinasi struktur tangguh dan motor penggerak 3-in-1 yang membuatnya handal dan lebih sempurna. 

Dibangun sesuai dengan standar keselamatan bintang lima C-NCAP, struktur Chery EQ1 terdiri dari kerangka aluminium yang mengadopsi konsep 'Bionic Bird Bone'.

Seperti ruang tiga dimensi, struktur ini mengelilingi seluruh bagian dengan ruas-ruas yang progresif sehingga mampu menciptakan ruang kabin yang aman dan meningkatkan perlindungan saat tabrakan sebesar 30 persen hingga 50 persen.  

Rangka aluminium ringan Chery EQ1 juga sangat unik, karena mampu mengurangi bobot sampai 30 persen dan kepadatan sebesar 20 persen.

Sehingga benar-benar mencapai kekuatan tinggi dengan konsumsi energi yang rendah.

Untuk baterainya, Chery telah meningkatkan ketahanannya ke level IP68 dengan perlindungan anti debu, anti air, dan anti benturan pada setiap sisinya.

Begitu juga dengan sistem sensitivitas pendingin yang baik dan perlindungan keselamatan tegangan tinggi.

Baca Juga: Direspons Positif Pengunjung, Chery Langsung Buka Keran Pemesanan di IIMS 2022, Modal Rp 5 Juta Bisa Ikutan Pre-Booking

Dengan adanya perlindungan ganda sebagai basis keselamatan dan didukung oleh fitur keselamatan aktif dan pasif, membuat pengendaranya selalu terlindungi dan aman.

EQ1 dilengkapi dengan sistem penggerak 3-in-1 terbaru milik Chery yang meningkatkan integrasi tubuh sebesar 70 persen dan mengurangi rasio ruang sebesar 25 persen.

Kemudian mengurangi berat sebesar 15 persen, mengkonsumsi lebih sedikit daya serta memiliki daya tahan yang lebih tinggi.

Pada saat yang sama, mobil baru ini dilengkapi dengan sistem manajemen termal terintegrasi, yang meningkatkan efisiensi pendinginan sebesar 20 persen dan semakin maksimal menghemat energi dan kinerjanya lebih kuat.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa