Seken Keren - Panduan Lengkap Ganti Oli hingga Servis CVT Honda ADV150 Biar Enggak Gredek, Berikut Biayanya

Harun Rasyid - Minggu, 27 Maret 2022 | 20:30 WIB
Honda ADV150 bekas di showroom
Muslim/GridOto
Honda ADV150 bekas di showroom

GridOto.com - Kemudahan dan biaya perawatan jadi salah satu faktor yang perlu dipertimbangkan sebelum meminang Honda ADV150 bekas.

Sebab walaupun usianya baru menginjak tiga tahun, Honda ADV150 bekas perlu dirawat secara rutin agar performanya tetap prima saat dikendarai.

Muhammad Ikim, owner bengkel spesialis motor matik RI Matic Shop & Service di Jakarta Timur mengatakan, perawatan rutin Honda ADV150 bisa dimulai dari penggantian oli mesinnya.

"Ganti oli mesin Honda ADV150 kalau pakai oli dengan spek standar, disarankan tiap 500 sampai 1.000 kilometer (km) atau bisa di bawah sebulan sekali kalau motornya sering dipakai jauh dan macet-macetan," ujarnya saat dihubungi GridOto.com, Sabtu (26/3/2022).

Karena merasa kurang puas dengan oli standar, Ikim biasa menggunakan oli full synthetic untuk mendapat interval penggantian yang lebih lama.

"Kami biasa pakai oli mobil SAE 5W30 merek Yaco. Sebab oli mobil ini aditifnya lengkap dan cocok untuk motor matik yang jenis koplingnya kering, kalau di motor sport yang pakai kopling basah tentu akan selip koplingnya," sebutnya.

Oli Yaco di bengkel tersebut dibanderol Rp 200 ribu per liter, sementara oli mesin yang dibutuhkan ADV150 hanya 0,8 liter.

Jadi untuk sisa oli yang tidak terpakai, disebut dapat menghemat pengeluaran karena nantinya bisa dikumpulkan hingga 0,8 liter untuk satu kali ganti oli.

Berikutnya, busi Honda ADV150 juga perlu diperhatikan dalam perawatan atau servis rutin.

Baca Juga: Seken Keren - Jurus Merawat Ruang Bakar Honda ADV150, Salah Kaprah Performa Jadi Loyo hingga Turun Mesin

Sarannya diganti setiap 8.000 km karena jika pemakaianya lebih dari itu, api yang dipercikkan busi sudah tidak maksimum dan terlalu jauh jaraknya.

Sehingga performa motor akan kurang maksimal serta konsumsi BBM-nya lebih boros.

Harga busi standar Honda milik ADV150 dibanderol Rp 20 ribu sampai Rp 30 ribu, sedangkan busi jenis iridium harganya Rp 90 ribuan sampai Rp 100 ribuan.

Busi Honda ADV150 dan Honda PCX 150 pakai kode MR8K-9
Istimewa
Busi Honda ADV150 dan Honda PCX 150 pakai kode MR8K-9


Penggantian busi ini sebaiknya juga sekaligus dengan penggantian oli gardan yang disarankan setiap 8.000 km.

Harga oli gardan untuk Honda ADV150 juga cukup terjangkau yaitu Rp 15 ribu.

Berikutnya, pembersihan bagian dalam Continuously Variable Transmission (CVT) juga patut dikerjakan secara rutin.

Jika tidak, kotoran yang menumpuk di dalam CVT akan menimbulkan gredek akibat terganggunya traksi ke roda belakang karena kotoran ini.

Sebab bagian dalam CVT ini harus terbebas dari debu, oli, air ataupun bensin yang bisa merusak berbagai onderdil di dalamnya.

Untuk sarannya bisa dilakukan setiap sebulan sekali, biayanya jasanya di RI Matic Shop & Service dibanderol Rp 55 ribu. 

Namun jika pemilik Honda ADV150 masih kurang puas karena CVT tetap gredek, bisa mengambil paket upgrade CVT di RI Matic Shop.

RI Matic Shop & Service
Harun
RI Matic Shop & Service


Paket upgrade ini terdiri dari mangkok kopling custom, per CVT yang lebih keras, roller, hingga pulley-nya.

Biaya upgrade CVT Honda ADV150 di bengkel yang berada di wilayah Pondok Kopi ini dibanderol Rp 1,2 juta berikut pemasangan.

Upgrade CVT Honda ADV150 ini juga diberikan garansi oleh bengkel tersebut selama dua tahun dengan klaim tidak gredek hingga 10 tahun asalkan dirawat secara rutin.

RI Matic Shop & Service

Jalan Pondok Kopi Raya, Blok S 4 No. 5, Jakarta Timur

Telp: 08118989798


Editor : Fendi

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa