Seken Keren - Jurus Merawat Ruang Bakar Honda ADV150, Salah Kaprah Performa Jadi Loyo hingga Turun Mesin

Harun Rasyid - Minggu, 27 Maret 2022 | 17:57 WIB

Ilustrasi Honda ADV150 bekas (Harun Rasyid - )

GridOto.com - Sebelum membeli Honda ADV150 bekas, tak ada salahnya sobat mengetahui bagaimana cara perawatan ruang bakarnya.

Sebab jika perawatan ruang bakar Honda ADV150 tidak diperhatikan, dampaknya bisa berakibat fatal bagi kondisi mesin 150 cc dari skuter matik (skutik) adventure tersebut.

Muhammad Ikim, owner bengkel spesialis motor matik RI Matic Shop & Service di Jakarta Timur mengatakan, perawatan ruang bakar Honda ADV150 bisa dimulai dengan cara pembersihan injector dan throttle body-nya.

"Honda ADV150 sudah mau tiga tahun, jadi pembersihan injector hingga throttle body disarankan rutin dibersihkan agar kotoran tidak menumpuk. Sehingga TPS (Throttle Position Sensor) tidak mudah rusak," ujarnya saat dihubungi GridOto.com, Sabtu (26/3/2022).

Ikim mengungkapkan, kerusakan TPS dapat mengakibatkan performa Honda ADV150 menurun.

"Efeknya nanti di RPM 7.000, mesinnya sudah teriak. Padahal kecepatan normalnya bisa 100 kilometer per jam, tapi kalau sensor ini error paling kecepatannya mentok di 90 bahkan 80 kilometer per jam," sebutnya.

Maka dari itu, injector dan throttle body Honda ADV150 perlu dibersihkan setiap 10 ribu km atau setahun sekali.

Namun jika TPS Honda ADV150 sudah rusak, mau tidak mau harus diganti dengan yang baru.

Harganya untuk yang orisinal Honda mencapai Rp 745 ribu sampai Rp 750 ribu.

Baca Juga: Seken Keren - Daripada Rugi Banyak, Begini Cara Berburu Honda ADV150 Bekas Menurut Bengkel Spesialis

Sedangkan untuk biaya pembersihan injector, throttle body hingga ruang bakarnya, biayanya bervariasi tergantung paket yang disediakan oleh bengkel di wilayah Pondok Kopi tersebut.

Biaya pembersihan injector dan throttle body dengan paket standar dipatok Rp 55 ribu, sedangkan paket dengan booster dibanderol Rp 175 ribu.

Namun khusus paket dengan booster, diklaim dapat merontokkan kerak-kerak di ruang bakar skutik All Terrain Offroad (ALTO) tersebut.

Lebih lanjut, pembersihan ruang bakar Honda ADV150 juga perlu diikuti dengan pengecekan di bagian filter udaranya.

Sebab filter udara Honda ADV150 sebaiknya langsung diganti ketika sudah kotor, tapi penggantian berdasarkan rekomendasi pabrikannya itu per 8.000 km.

Yang perlu diingat, filter udara orisinal ADV150 tidak boleh dibersihkan karena material filternya yang terbuat dari kertas dan mengandung oil filter.

Jadi jika nekat dibersihkan, kotoran akan mudah masuk karena kertasnya rusak dan oil filter tidak bisa mencegah kotoran masuk ke ruang bakar.

Sehingga kotoran yang masuk ke throttle body atau ruang bakar ADV150 bisa mengakibatkan dalaman mesin baret atau rusak parah.

RI Matic Shop & Service

Jalan Pondok Kopi Raya blok S4 No. 5, Duren Sawit, Jakarta Timur.
 
Telp: 08118989798