Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Seken Keren - Cara Upgrade Performa Suzuki GSX-R150 dengan Mesin Standar, Aman Buat Harian, Biayanya Rp 200 Ribuan

Harun Rasyid - Minggu, 27 Februari 2022 | 14:32 WIB
Ilustrasi Suzuki GSX-R150
Dok. Otomotif
Ilustrasi Suzuki GSX-R150

GridOto.com - Suzuki GSX-R150 dilengkapi mesin yang terbilang kencang di kelasnya dengan tenaga yang diklaim mampu mencapai 18,9 dk di 10.500 rpm dan torsi 14 Nm di 9.000 rpm.

Menurut Rahmat selaku owner bengkel Jabrik Motor Racing Team (JMRT) di Depok, mesin DOHC 147,3 cc 4 katup milik Suzuki GSX-R150 juga diakui memiliki banyak kelebihan.

"Mesin overbore GSX-R150 itu bandel, kuat, ringkes, dan mudah di-upgrade performanya mulai dari kebutuhan balap hingga harian," ujarnya kepada GridOto.com, Jumat (25/2/2022).

Rahmat menyebut, upgrade performa Suzuki GSX-R150 untuk harian juga dinilai simpel karena dilakukan tanpa mengganti seher standar bawaan hingga dalaman mesin lainnya.

Cara upgrade performa Suzuki GSX-R150 ala bengkel JMRT ini, dimulai dari porting polish untuk menaikkan kompresinya.

"Setelah itu paking head mesinnya dicopot kemudian dibersihkan, kemudian di bagian bekas paking head-nya ini kami beri lem. Efeknya kompresi jadi naik dan mesin jadi lebih halus namun tenaganya lebih berisi," sebut Rahmat.

Lebih lanjut, upgrade performa Suzuki GSX-R150 untuk harian ini dikerjakan bersamaan dengan servis besar untuk mengetahui kondisi dalaman mesinnya.

Throttle body motor matic yang sedang dibersihkan
Isal/GridOto.com
Throttle body motor matic yang sedang dibersihkan


Jika kondisi dalaman mesin sudah dicek dan tidak ada kendala, throttle body dari rival Honda CBR150R dan Yamaha R15 ini juga akan dibersihkan.

Biaya servis besar Suzuki GSX-R150 di bengkel yang bermarkas di wilayah Sawangan ini, masih cukup terjangkau yakni Rp 250 ribu.

Baca Juga: Seken Keren - Ini yang Bikin Suara Mesin Suzuki GSX-R150 Kasar, Modal Rp 100 Ribuan Sembuh

Setelah itu, penggantian Engine Control Unit (ECU) dan knalpot standar ke aftermarket juga bisa dilakukan jika performa GSX-R150 ingin lebih terdongkrak lagi.

Sebagai informasi, biaya upgrade performa Suzuki GSX-R150 untuk harian sebesar Rp 250 ribu hanya mencakup jasa dan belum termasuk spare part yang diganti.

Sementara untuk porting polish-nya, sudah termasuk dalam biaya servis besar tersebut.

Bengkel Jabrik Motor Racing Team (JMRT).
Wisnu/GridOto.com
Bengkel Jabrik Motor Racing Team (JMRT).

Selain itu upgrade performa Suzuki GSX-R150 dari JMRT ini, juga diklaim aman dan tetap nyaman untuk motor yang digunakan sehari-hari.

Nah, bagi yang ingin meminang Suzuki GSX-R150 bekas, saat ini unitnya bisa ditebus dengan budget Rp 14,5 juta hingga Rp 26,5 juta tergantung tipe, tahun, dan kondisinya. 

Jabrik Motor Racing Team (JMRT)

Jalan Raya Muchtar, Sawangan, Depok, Jawa Barat.

Telp: 0897- 6591-233

Baca Juga: Seken Keren - Suzuki GSX-R150 Bekas Tawarkan Mesin Kencang hingga Desain Modern, Kondisi Mulus Mulai Rp 16 Jutaan

 

Editor : Fendi

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa