Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mitsubishi Fuso Resmi Berstandar Euro 4, Colt Diesel dan Fighter Kini Ganti Nama, Apa Saja Perubahannya?

Harun Rasyid - Kamis, 24 Maret 2022 | 16:16 WIB
Mitsubishi Fuso resmi meluncurkan line up kendaraan niaga baru dengan standar Euro 4.
Dok. Mitsubishi Fuso
Mitsubishi Fuso resmi meluncurkan line up kendaraan niaga baru dengan standar Euro 4.

GridOto.com - PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) selaku distributor resmi kendaraan niaga Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation (MFTBC) di Indonesia, akhirnya meluncurkan line up produk baru berstandar Euro 4.

Total ada 29 kendaraan niaga Mitsubishi Fuso berstandar Euro 4, mulai dari 15 varian Canter dan 14 varian Fighter X.

Mitsubishi Fuso Canter merupakan generasi penerus model sebelumnya yang dikenal dengan nama Colt Diesel.

Sedangkan Mitsubishi Fuso Fighter X adalah generasi penerus Fighter dengan ubahan warna eksterior baru yang lebih segar.

Selain sudah Euro 4, kedua model kendaraan niaga dari brand asal Jepang ini telah ditingkatkan dari sisi teknis maupun mesin baru 4V21 untuk Canter dan mesin 6M60 pada Fighter X.

Mesin ini dilengkapi teknologi Common Rail yang diklaim dapat menghasilkan tenaga mesin yang lebih maksimal, torsi yang lebih tinggi di range RPM yang lebih panjang.

Di samping itu, berbagai teknologi anyar juga disematkan mulai dari Exhaust Gas Recirculation, Positive Crankcase Ventilation, dan Diesel Oxidation Catalyst Muffler yang mampu menurunkan kadar emisi NOx (Nitrogen Oxide) sehingga emisi gas buangnya lebih ramah lingkungan.

Nobukazu Tanaka, Presiden Direktur KTB mengatakan, pihaknya bangga bisa meluncurkan kendaraan baru berstandar Euro 4 demi mendukung kebutuhan bisnis para konsumennya di Tanah Air.

"Kami juga berkomitmen untuk terus mempertahankan dan meningkatkan dukungan layanan kepada pelanggan di seluruh Indonesia," ujarnya dalam peluncuran virtual, Kamis (24/3/2022).

Baca Juga: Aturan Emisi Euro 4 Resmi Berlaku 12 April 2022, Menperin Sebut Bahan Bakar Sudah Siap

 Dengan hadirnya line up baru ini, Mitsubishi Fuso siap menyambut regulasi pemerintah soal penerapan standar EURO 4 diesel per 12 April 2022.

Lebih lanjut, Mitsubishi Fuso Canter kini memiliki tiga varian baru yang diluncurkan yakni Canter FE 74 HDS untuk kebutuhan heavy duty yang juga mengutamakan kecepatan.

Berikutnya ada Canter FE 84 SHDX dengan volume kargo yang lebih besar, serta Canter FE 84 GS untuk kebutuhan logistik yang membutuhkan tenaga lebih besar.

Ketiga varian baru Mitsubishi Fuso Canter ini dinyatakan memiliki performa mesin mulai dari 106 dk sampai 148 dk yang dilengkapi Final Gear Ratio yang bekerja lebih optimal.

Dua model baru kendaraan niaga Mitsubishi Fuso yakni Canter dan Fighter X
Dok. Mitsubishi Fuso
Dua model baru kendaraan niaga Mitsubishi Fuso yakni Canter dan Fighter X


Demi mengakomodir kebutuhan mengangkut muatan, varian Canter 6x4 FN26FL kini disertai penambahan panjang sasis (Cab to End) menjadi 9,8 meter untuk meningkatkan volume angkut.

Ubahan baru dalam hal dimensi tersebut juga diklaim dapat meningkatkan Gross Vehicle Weight (GVW) dan Rear Over Hang (ROH) agar dapat mengangkut muatan lebih banyak.

Untuk fitur keselamatannya, juga ditingkatkan lewat penggunaan Full Air Brake System dan penambahan Anti-lock Braking System (ABS) pada seluruh varian Fighter X.

Sayangnya saat peluncuran, harga Mitsubishi Fuso Canter dan Fighter X berstandar Euro 4 ini belum diumumkan.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa