Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Kemenhub Sambut Penerapan Regulasi Euro 4 Kendaraan Diesel, Bahan Bakarnya Sudah Siap?

Muslimin Trisyuliono - Minggu, 13 Maret 2022 | 07:05 WIB
Hino luncurkan semua produknya dengan standar emisi Euro 4
HMSI
Hino luncurkan semua produknya dengan standar emisi Euro 4

GridOto.com - Pemerintah akhirnya akan menetapkan standar emisi Euro 4 untuk kendaraan bermesin diesel, yang sempat tertunda sebelumnya karena pandemi Covid-19.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, memastikan kesiapannya dalam penerapan kebijakan tersebut pada April 2022 mendatang.

Hal ini diungkapkan oleh Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Budi Setiyadi, disela pameran Jakarta Auto Week (JAW) 2022.

"Kita on schedule dan saat ini sedang rapatkan. Untuk implementasinya sudah siap, untuk alat uji tipe Euro 4 juga sudah siap semua," ujar Budi kepada wartawan, Sabtu (12/03/2022).

Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Budi Setiyadi setelah melihat MG 5 GT di Jakarta Auto Week 2022
Harun
Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Budi Setiyadi setelah melihat MG 5 GT di Jakarta Auto Week 2022

Budi mengungkapkan, penerapan aturan ini tinggal menunggu kesiapan dari PT Pertamina (persero) sebagai penyedia bahan bakar standar Euro 4.

"Kalau kami melakukan uji tipe sudah siap untuk Euro 4, tinggal kesiapan dari Pertamina. Dirapat kemarin Pertamina bilang juga siap, cuma distribusinya di daerah harus disiapkan," ucapnya.

Kendati demikian, Budi menyebut beberapa agen pemegang merek (APM) sudah melakukan pengujian dari Kemenhub sehingga siap dengan kebijakan Euro 4.

"Kalau sudah diuji tipe di kami (Kementerian Perhubungan) berarti sudah siap, dan jaminan kendaraan itu sudah pasti Euro 4," pungkasnya.

Baca Juga: Makin Segar, Hino Dutro Selain Lolos Euro 4 juga Dapat Ubahan Desain di Eksterior dan Interiornya

Sekadar informasi, penerapan standar Euro 4 kendaraan diesel ini tertuang dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI No. P.20/MENLHK/SETJEN-KUM.1/3/2017.

Adapun rencana awal pemerintah menerapkan standar emisi Euro 4 pada April 2021, namun pelaksanaannya tertunda hingga April 2022 karena pandemi Covid-19.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa