Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Electric Mobility (ELMO)

Sambut Era Elektrifikasi Kendaraan, Empat Perusahaan Siap Kolaborasi Bangun Ekosistem Motor Listrik

Muslimin Trisyuliono - Senin, 21 Maret 2022 | 16:05 WIB
 Smoot Motor, Swap Energi, Grab dan PLN berkolaborasi membangun ekosistem kendaraan listrik terintegrasi di Tanah Air.
Muslim/GridOto.com
Smoot Motor, Swap Energi, Grab dan PLN berkolaborasi membangun ekosistem kendaraan listrik terintegrasi di Tanah Air.

GridOto.com - Pemerintah terus mendorong percepatan penggunaan kendaraan listrik, dalam rangka mencapai target net zero carbon emission pada 2060.

Agar prosesnya bisa semakin cepat, Smoot Motor, Swap Energi, Grab dan PLN berkolaborasi membangun ekosistem kendaraan listrik terintegrasi di Tanah Air.

Kolaborasi keempat perusahaan ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepemahaman, untuk mewujudkan pengembangan industrilisasi Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) untuk roda dua.

EVP Pemasaran dan Pengembangan Produk PT PLN (Persero), Hikmat Drajat, mengatakan bahwa melalui kolaborasi ini diharapkan dapat mengakselerasi penggunaan motor listrik di Indonesia.
 
"Kerja sama ini merupakan langkah awal dari inovasi yang dapat diperluas dan dikembangkan guna saling memperkuat value dan manfaat bagi penguatan ekosistem kendaraan bermotor listrik di Indonesia" ujar Hikmat di Jakarta, Senin (21/03/2022).

Sementara, Grab sebagai operator kendaraan listrik berbasis ride-hailing, sejak diluncurkan pada 2019 sudah ada 8.500 kendaraan listrik dengan dominasi pada kendaraan roda dua.

Ridzki Kramadibrata, President of Grab Indonesia menambahkan, kolaborasi ini merupakan langkah strategis untuk mendukung percepatan pembangunan ekosistem kendaraan listrik, mulai dari penyediaan armada dan infrastruktur, hingga pengoperasian.

"Kami menargetkan menghadirkan total 14.000 armada kendaraan listrik pada akhir tahun ini sebagai upaya mendorong perkembangan ekosistem kendaraan listrik tanah air," ungkap Ridzki.

Irwan Tjahaja, CEO PT Smoot Motor Indonesia dan Swap Energi Indonesia mengungkapkan, pihaknya berkomitmen untuk memenuhi kebutuhan motor listrik untuk armada Grab secara maksimal melalui varian Tempur.

Baca Juga: Pesan Ojol Bisa Nongol Tanpa Suara, Grab Indonesia Perkuat Armada dengan 6.020 Unit Motor Listrik Viar

Varian ini merupakan motor listrik yang sudah dilengkapi sistem tukar baterai dari Swap, sehingga driver Grab cukup tukar baterai sembilan detik di titik penukaran atau swap poin terdekat untuk melanjutkan perjalanan.

"Dengan beralih ke ekosistem Swap yang ramah lingkungan serta terintegrasi dengan aplikasi pintar, driver Grab dapat mencari Swap Poin terdekat, sehingga dapat melakukan pengiriman lebih jauh tanpa perlu khawatir kehabisan baterai serta dapat menghemat biaya transportasi sehari-hari," ungkap Irwan.

Adapun Swap menyediakan lebih dari 400 titik Swap Poin yang telah tersebar di lokasi strategis untuk area Jabodetabek seperti jaringan Alfamidi, Alfamart dan Shell.

Sementara di Bali puluhan Swap Poin juga telah tersebar di berbagai titik strategis, 

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa