Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Bersiap Hadapi Era Elektrifikasi, Goodyear Bakal Bikin Ban Kendaraan Listrik di Indonesia

Muslimin Trisyuliono - Jumat, 18 Maret 2022 | 11:10 WIB
Ban Goodyear
Goodyear
Ban Goodyear

GridOto.com - Gencarnya pemasaran dan insentif dari pemerintah membuat ketertarikan masyarakat terhadap kendaraan listrik terus meningkat.

Kehadiran kendaraan listrik ini tentunya tidak luput dari perhatian produsen ban seperti Goodyear.

Iman Santoso, Direktur Komersial PT Goodyear Indonesia mengatakan, pihaknya mendukung perkembangan industri ini dengan mengembangkan ban khusus untuk kendaraan listrik.

Ini dilakukan karena ban kendaraan listrik memiliki spesifikasi khusus seperti lebih mengutamakan efisiensi daya.

"Mobil listrik berbeda dengan konvensional misalnya lebih mengutamakan fuel efficiency," ujar Iman dalam konferensi pers virtual, Kamis (17/03/2022).

Lebih lanjut, Iman menjelaskan pihaknya tengah mengembangkan dan memproduksi ban untuk kendaraan listrik dengan konsep smart di Tanah Air.

Seperti dilengkapi dengan sensor yang bisa mendeteksi kondisi ban, serta menawarkan keausan tapak ban yang lebih tahan lama.

"Ban yang smart ini dilengkapi sensor mendeteksi berbagai macam indikator misalnya tekanan angin, keausan, telapak. Itu sedang dikembangkan di technical center kami," sambungnya.

Kendati demikian, ia mengungkapkan secara global Goodyear sendiri sudah memiliki ban khusus untuk kendaraan listrik yakni Goodyear ElectricDrive GT yang dipakai di Tesla Model 3 dan Model Y.

Baca Juga: Goodyear Indonesia Raup Penghasilan Hingga Rp 1,5 Triliun di Tengah Pandemi Covid-19, Optimis Tren Positif Terus Berlanjut

ElectricDrive GT digambarkan sebagai ban yang memiliki performa tinggi sepanjang musim dan ideal bagi kendaraan listrik yang menghasilkan torsi tinggi namun lebih berat daripada kendaraan konvensional.

"Bicara futuristik, produk-produk Goodyear ini sudah dipakai di mobil listrik contohnya Telsa. Jadi Goodyear untuk mobility sudah banyak sekali," pungkasnya.

Editor : Hendra

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa