Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Seken Keren - Mau Boyong Nissan X-Trail T31? Ketahui Biaya Servis Berkala di Bengkel Spesialis

Wisnu Andebar - Minggu, 6 Maret 2022 | 19:50 WIB
Ilustrasi Nissan X-Trail T31
tribunnews.com
Ilustrasi Nissan X-Trail T31

GridOto.com - Sebelum membeli Nissan X-Trail generasi kedua dengan kode bodi T31, tidak ada salahnya untuk mengetahui biaya servis berkala di bengkel spesialis.

Sebab dengan mengetahui estimasi biaya perawatannya, sobat bisa memperkirakan berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk 'memelihara' Medium Sport Utility Vehicle (SUV) besutan Nissan ini.

Menurut Samsul Solihin, Kepala Mekanik bengkel Central Nissan, servis berkala Nissan X-Trail generasi kedua dilakukan tiap 5.000 km sekaligus penggantian oli mesin.

"Untuk pengerjaanya meliputi scanner, carbon cleaner, serta pengecekan komponen lainnya seperti busi, filter udara, fan belt, air radiator, dan pengereman depan belakang," kata Samsul saat ditemui di bengkelnya yang berlokasi di BSD, Tangerang pada Kamis (3/3/2022).

Ia menjelaskan, biaya paket servis tersebut dibanderol Rp 650 ribu untuk varian mesin 2.000 cc dan Rp 750 ribu untuk yang 2.500 cc.

Perbedaan harga tersebut dikarenakan varian mesin 2.500 cc memiliki kapasitas oli mesin yang lebih banyak yakni lima liter, sedangkan mesin 2.000 cc hanya empat liter.

"Untuk oli kami menganjurkan pakai Idemitsu dan Adnoc Voyager dengan tingkat kekentalan atau SAE (Sociaty of Automotive Engineers) 10W-30," beber Samsul.

Adapun jika hanya ingin mengganti oli mesin saja dibanderol Rp 75 ribu per liter untuk Idemitsu, dan Rp 85 ribu per liter untuk Adnoc Voyager.

Sebagai informasi, Nissan X-Trail T31 resmi mengaspal di Tanah Air pada 2008 sampai 2013 dengan varian mesin 2.000 cc dan 2.500 cc serta pilihan tipe ST dan XT.

Baca Juga: Seken Keren - Nissan X-Trail T31 Tidak Bisa Tenggak Sembarang Bensin, Ini BBM Yang Direkomendasikan

Jika sobat tertarik memboyong Medium SUV ini, harga sekennya sudah mulai bersahabat yakni kisaran Rp 90 jutaan hingga Rp 175 jutaan, tergantung kondisi dan tahun.

Untuk urusan dapur pacunya, pilihan mesin berkode MR20DE 2.000 cc mampu menghasilkan tenaga 139 dk dan torsi 198 Nm, yang disandingkan dengan pilihan transmisi manual 6-percepatan dan otomatis CVT.

Sedangkan mesin 2.500 cc berkode QR25DE sanggup menyemburkan tenaga 180 dk dan torsi 245 Nm, dikawinkan dengan pilihan transmisi otomatis CVT.

Editor : Fendi

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa