Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Seken Keren - Jangan Asal Beli, Cek Kaki-kaki Nissan X-Trail T31 Kalau Enggak Mau Keluar Duit Lagi

Wisnu Andebar - Minggu, 6 Maret 2022 | 10:54 WIB
Nissan X-Trail T31 varian ST
tribunnews.com
Nissan X-Trail T31 varian ST

GridOto.com - Jika sobat tertarik memboyong Nissan X-Trail T31, ada baiknya mengetahui masalah yang kerap menjangkit Medium Sport Utility Vehicle (SUV) tersebut.

Menurut Samsul Solihin, Kepala Mekanik bengkel Central Nissan, salah satu penyakit Nissan X-Trail generasi kedua ini terletak pada sektor kaki-kakinya.

"Biasanya dari bushing-bushingnya, seperti bushing cross member, bushing arm, dan rack steer," kata Samsul saat ditemui di bengkelnya yang berlokasi di BSD, Tangerang pada Kamis (3/3/2022).

Ia menjelaskan, penyebab kerusakan kaki-kaki selain faktor usia, juga dari  pemakaian yang kasar saat melintasi jalan rusak.

"Memang mobil ini dari segi desain ala reli, tapi kaki-kakinya ringkih dan lebih untuk spesifikasi dalam kota atau untuk aspal sebenarnya," imbuhnya.

Lebih lanjut Samsul mengungkapkan, untuk mengembalikan kenyamanan kaki-kaki yang rusak biayanya ditaksir mencapai Rp 3 jutaan.

Meliputi penggantian bushing cross member sebanyak empat buah Rp 1,5 juta dan bushing arm dua buah Rp 500 ribu.

Harga tersebut belum termasuk jasa pasang yang dibanderol Rp 450 ribu.

Adapun untuk rack steer cukup diservis dengan biaya Rp 800 ribu.

Baca Juga: Seken Keren - Sebelum Dipinang Pikir Dulu, Mending Pilih Nissan X-Trail T31 Varian Mesin 2.000 cc atau 2.500 cc?

"Namun perlu dilihat dulu apakah kondisinya masih layak pakai atau tidak," pungkas Samsul.

Sebagai informasi, Nissan X-Trail T31 resmi mengaspal di Tanah Air pada 2008 sampai 2013 dengan varian mesin 2.000 cc dan 2.500 cc serta pilihan tipe ST dan XT.

Jika sobat tertarik memboyong Medium SUV ini, harga sekennya sudah mulai bersahabat yakni kisaran Rp 90 jutaan hingga Rp 175 jutaan, tergantung kondisi dan tahun.

Untuk urusan dapur pacunya, pilihan mesin berkode MR20DE 2.000 cc mampu menghasilkan tenaga 139 dk dan torsi 198 Nm, yang disandingkan dengan pilihan transmisi manual 6-percepatan dan otomatis CVT.

Sedangkan mesin 2.500 cc berkode QR25DE sanggup menyemburkan tenaga 180 dk dan torsi 245 Nm, dikawinkan dengan pilihan transmisi otomatis CVT.

Editor : Eka Budhiansyah

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa