Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Seken Keren - Biar Enggak Gampang Overheat, Begini Anjuran Perawatan Radiator Nissan X-Trail T31

Wisnu Andebar - Minggu, 6 Maret 2022 | 12:16 WIB
Nissan X-Trail T31
Instagram/@nissanxtrailfansindonesia
Nissan X-Trail T31

GridOto.com - Nissan X-Trail generasi kedua dengan kode bodi T31 dapat menjadi pilihan menarik buat yang sedang mencari Medium Sport Utility Vehicle (SUV) seken.

Punya dua pilihan mesin yakni 2.000 cc dan 2.500 cc, harga Nissan X-Trail T31 kini sudah mulai terjangkau berada di kisaran Rp 90 jutaan sampai Rp 175 juta, tergantung kondisi dan tahun.

Namun sebelum memboyongnya, ada baiknya mengetahui masalah yang kerap menjangkit Medium SUV besutan Nissan tersebut.

Menurut Samsul Solihin, Kepala Mekanik bengkel Central Nissan, salah satu penyakit Nissan X-Trail generasi kedua ini terletak pada sektor pendinginan mesin atau biasa disebut radiator.

Terlebih untuk mobil yang sudah menempuh jarak lebih dari 100 ribu km.

"Sebenarnya permasalahan seringnya di bagian kipas radiator yang tiba-tiba mati, jadi kipas ini kan ada dua, kalau salah satunya mati saja bisa bikin mesin overheat," buka Samsul saat ditemui di bengkelnya yang berlokasi di BSD, Tangerang pada Kamis (3/3/2022).

Ia menjelaskan, efek dari overheat ini dapat berakibat fatal ke mesin karena kepala silinder dan blok silinder bisa bengkok alias melengkung.

Jika sudah demikian, satu-satu cara untuk memperbaikinya harus dengan cara turun mesin.

"Baiknya sih kepala dan blok silinder diganti, tapi kalau belum parah masih bisa dengan cara dipapas dengan cara dibubut supaya rata lagi," imbuhnya.

Selain itu part yang diganti meliputi paking mesin, ring seher, radiator, termasuk kipas dan thermostat diganti baru.

Baca Juga: Seken Keren - Jangan Asal Beli, Cek Kaki-kaki Nissan X-Trail T31 Kalau Enggak Mau Keluar Duit Lagi

Menurutnya, biaya perbaikan tersebut ditaksir mencapai Rp 7 juta sampai Rp 10 juta, dengan lama pengerjaan sekitar satu minggu.

Adapun kerusakan mesin akibat overheat sebenarnya masih bisa diminimalisir dengan cara segera mematikan mesin ketika temperatur mobil mulai naik.

"Tapi biasanya banyak orang yang enggak sadar kalau temperatur naik, sehingga mesin jebol," tuturnya.

Samsul menambahkan, untuk mencegah radiator Nissan Xtrail T31 bermasalah di jalan, ada baiknya melakukan perawatan tiap 20 ribu km. 

"Jadi secara berkala radiator harus dibersihkan dan diganti air radiatornya, selain itu kalau mau aman radiator diganti tiap 100 ribu km," pungkasnya. 

Sebagai informasi, Nissan X-Trail T31 resmi mengaspal di Tanah Air pada 2008 sampai 2013.

Untuk urusan dapur pacunya, pilihan mesin 2.000 cc berkode MR20DE diklaim mampu menghasilkan tenaga 139 dk dan torsi 198 Nm, yang disandingkan dengan pilihan transmisi manual 6-percepatan dan otomatis CVT.

Sedangkan mesin 2.500 cc berkode QR25DE sanggup menyemburkan tenaga 180 dk dan torsi 245 Nm, dikawinkan dengan pilihan transmisi otomatis CVT.

Editor : Hendra

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa