Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Hindari Terjebak Macet Belasan Jam Seperti di Puncak Bogor, Pakai Cara Ini Gampang Kok

Harun Rasyid - Senin, 28 Februari 2022 | 17:59 WIB
Jalur puncak macet total
@jktinfo
Jalur puncak macet total

GridOto.com - Kemacetan parah di Jalur Puncak, Bogor, Jawa Barat terjadi dalam libur panjang sejak 27 hingga 28 Februari 2022.

Kemacetan parah di Jalur Puncak, bahkan berdampak pada banyak kendaraan yang terhenti selama 10 hingga 17 jam.

Penyebab kemacetan di akhir pekan dan libur Isra Mi'raj ini yaitu karena padatnya volume kendaraan, lajur puncak yang terbilang sempit, hingga adanya beberapa kendaraan yang mogok di kawasan wisata tersebut.

Mengomentari kejadian tersebut, Sony Susmana selaku Training Director dari Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), mengatakan perencanaan perjalanan dinilai penting untuk mengantisipasi pengendara terjebak macet di jalan.

"Puncak macet parah itu enggak heran sih, makanya perencanaan perjalanan penting untuk menghindari hal-hal diluar dugaan seperti kemacetan dan lainnya," ujarnya saat dihubungi GridOto.com, Senin (28/2/2022).

Sebab jika sudah terjebak macet parah seperti di Jalur Puncak, banyak hal yang dirugikan seperti mood menjadi drop, bahan bakar kendaraan dan waktu banyak terbuang, hingga aspek psikologis seperti emosi maupun konflik internal.

Lebih lanjut Sony menyebut, perencanaan perjalanan bisa dilakukan dengan beberapa langkah mudah.

"Pertama atur waktu dan rute perjalanan, siapkan rencana cadangan atau plan B sebelum terjebak dalam kemacetan, apalagi sekarang semuanya mudah dengan melihat aplikasi peta atau navigasi seperti Google Map," sebutnya.

Dengan mengakses aplikasi peta digital yang tersedia di gadget, pengendara bisa melihat jalur atau titik kemacetan yang akan menjadi pertimbangan dalam perjalanan.

Baca Juga: Ngeri! Puncak Bogor Macet Hingga 12 Jam, Ternyata Penyebabnya Karena Ini

Langkah kedua, pengendara disarankan menyiapkan persediaan makanan dan minuman pendukung yang akan dibutuhkan dalam perjalanan termasuk saat kondisi macet.

Ketiga, pengendara sebaiknya juga membawa perlengkapan P3K untuk berjaga-jaga jika mengalami kondisi darurat.

Isi perlengkapan pertolongan pertama ini, bisa juga ditambahkan dengan obat-obat lain yang bersifat ringan semisal obat anti-mabuk dan mual, obat maag, dan lainnya.

Ilustrasi. Isi kotak P3K pada mobil
motorbiscuit.com
Ilustrasi. Isi kotak P3K pada mobil


Jika sudah terjebak di kemacetan dengan durasi yang tidak wajar atau lebih dari 10 jam, pengendara ada baiknya memutar balik untuk mencari rute lain atau tidak melanjutkan perjalanan jika keperluannya tidak terlalu mendesak.

Sebagai informasi, kata kunci 'Puncak' hingga pukul 17.00 WIB ini terpantau masih menjadi trending topic di media sosial Twitter dengan 18 ribuan jumlah cuitan dari warganet.

Unggahan akun Instagram @infopuncak.bgr juga memperlihatkan situasi kemacetan di Puncak sejak 27-28 Februari ini yang masih terjadi hingga satu jam terakhir.

Baca Juga: Niat Healing ke Puncak Malah Berakhir Macet Panjang, Netizen Sampai Ngeluh Nih

Editor : Dida Argadea
Sumber : Instagram,tribunnews,Twitter

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa