Progres Konstruksi Capai 60 Persen, Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan Seksi 3 Ditargetkan Rampung Akhir Tahun Ini

Muhammad Ermiel Zulfikar - Jumat, 11 Februari 2022 | 20:30 WIB
Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan Seksi 3 Ditargetkan Rampung Akhir Tahun Ini.
Dok. Jasa Marga
Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan Seksi 3 Ditargetkan Rampung Akhir Tahun Ini.

GridOto.com - Pembangunan Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan Seksi 3 (Tamanmekar-Sadang) ditargetkan bisa selesai akhir tahun ini, dengan rencana pengoperasian pada awal 2023 mendatang.

Adapun progres konstruksi dari jalan tol sepanjang 27,85 km tersebut, diumumkan PT Jasamarga Japek Selatan (JJS) telah mencapai 60,82 persen hingga akhir Januari 2022 lalu.

"Sementara itu, progres pembebasan lahan untuk tiga seksi pekerjaan secara keseluruhan saat ini mencapai 57,18 persen," ujar D. Hari Pratama, Direktur Utama JJS dalam siaran resmi Jasa Marga, Kamis (10/2/2022).

"Jumlah tersebut untuk pembebasan lahan masing-masing seksi, yaitu Seksi 3 (Tamanmekar-Sadang) telah mencapai 92,04 persen, Seksi 2 (Setu-Tamanmekar) sebesar 38,29 persen dan Seksi 1 (Jatiasih-Setu) sebesar 3,29 persen," lanjutnya.

Hari menjelaskan, pihaknya terus mendukung upaya percepatan pembebasan lahan yang dilaksanakan oleh Tim Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Begitu juga terus berkoordinasi dengan kontraktor dan konsultan supervisi, untuk pembangunan konstruksi jalan tol dengan total investasi senilai Rp 14,69 triliun tersebut.

"Tentunya kami akan memberikan hasil yang terbaik dari proyek Jalan Tol Japek Selatan ini, sehingga akan semakin menghubungkan daerah-daerah di Jawa Barat," papar Hari lagi.

Lebih lanjut, hadirnya Jalan Tol Japek II Selatan juga diharapkan mampu memangkas waktu tempuh perjalanan dari Jakarta menuju Cikampek dari sisi Selatan jika telah beroperasi penuh.

Terhubungnya jalan tol ini akan meningkatkan mobilitas, sehingga dapat menurunkan biaya logistik distribusi barang dari wilayah-wilayah yang dilewati jalan tol tersebut.

Baca Juga: Jasa Marga Klaim Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Elevated Pecahkan Kemacetan

"Hal ini juga berpotensi mendatangkan minat-minat investasi lain di Jawa Barat, yang dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan pengembangan wilayah industri, perumahan maupun wisata terutama di sepanjang trase jalan tol tersebut," pungkasnya.

Sebanyak tujuh gerbang tol (GT) bakal disematkan di Jalan Tol Japek II Selatan, yaitu GT Jati Asih, GT Bantar Gebang, GT Setu, GT Sukaragam, GT Taman Mekar, GT Kutanegara dan GT Sadang.


Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa