Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Profil Mercedes-Benz W204 Club Indonesia, Setelah Touring Dari Mandalika Mau Buat Agenda Besar Demi Bantu Masyarakat

Harun Rasyid - Senin, 14 Februari 2022 | 15:37 WIB
Deretan mobil komunitas Mercedes-Benz W204 Club Indonesia
Dok. Mercedes-Benz W204 Club Indonesia
Deretan mobil komunitas Mercedes-Benz W204 Club Indonesia

GridOto.com - Seperti klub mobil pada umumnya, Mercedes-Benz W204 Club Indonesia (MB W204 Club Ina) didirikan atas rasa kecintaan yang sama di bidang otomotif khususnya untuk model kendaraan asal Jerman tersebut.

Bagi yang belum tahu, W204 merupakan kode sasis Mercedes-Benz C-Class lansiran 2007 hingga 2014.

Meski begitu, MB W204 Club Ina baru resmi berdiri sebagai klub resmi di bawah naungan Mercedes-Benz Club Indonesia (MBCI) pada 2017.

"MB W204 Club Ina terbentuk sebagai komunitas pada 2013, tapi kami resmi sebagai klub yang diakui MBCI pada 2017," ujar Rahmat Mustafa, President Director MB W204 Club Ina kepada GridOto.com belum lama ini.

Setelah hampir sembilan tahun berdiri tepatnya per 20 April 2013, MB W204 Club Ina terhitung sudah memiliki 300 member di Tanah Air.

Selain di DKI Jakarta, 300 member ini juga tersebar di beberapa chapter seperti di Tangerang, Bandung dan Surabaya.

"Rencananya kami mau tambah satu chapter baru di Medan, karena di sana ada perkumpulannya dan mereka butuh wadah untuk bersatu," ungkap Rahmat.

Karena untuk mendirikan chapter baru MB W204 Club Ina, paling tidak dibutuhkan 15 orang yang memiliki Mercedes-Benz W204 lansiran 2007 hingga 2014.

Namun untuk menjadi member resmi, syaratnya harus mengikuti beberapa agenda rutin klub tersebut.

Baca Juga: Gofar Hilman Dibincangkan Oleh Warganet, Yuk Intip Mercedes-Benz C-class W204 Miliknya

Agendanya yakni Saturday dan Sunday On The Road (SOTR) yang digelar setiap tiga minggu dengan mini touring, bakti sosial, hingga agenda besar lainnya.

Tujuannya untuk menyaring pengguna W204 yang benar-benar ingin bergabung, merasakan solidaritas, hingga kenyamanan berguyub dalam MB W204 Club Ina.

Jadi selain rasa persaudaraan, manfaat yang akan diterima member MB W204 Club Ina diantaranya mendapat aplikasi khusus, daftar bengkel rekanan untuk mengatasi masalah, modifikasi, mencari spare part dan aksesori, hingga layanan S Panic Button untuk bantuan towing di situasi darurat.

Peserta touring Mercedes-Benz W204 Club Ina ke Mandalika, Lombok
Dok. MB W204 Club Ina
Peserta touring Mercedes-Benz W204 Club Ina ke Mandalika, Lombok


Untuk agenda besar klub tersebut, diantaranya grand touring seperti ke Sirkuit Pertamina Mandalika di Lombok beberapa waktu lalu untuk menonton World Superbike (WSBK).

Kegiatan touring ke Sirkuit Pertamina Mandalika ini, juga sekaligus mendukung kampanye pariwisata dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Selain itu dalam touring, MB W204 Club Ina juga mengedepankan aspek sosial seperti berdonasi hingga mendukung usaha serta pariwisata di daerah tujuannya.

"Yang ikut ke Mandalika kemarin sekitar 25 mobil, tapi selain touring kami di sana juga berdonasi ke Suku Sade untuk berbagi ke masyarakat yang kurang mampu," kata Ariz Nanda, VP Marcomm MB W204 Club Ina.

Tomi Hadi (depan kiri) dan Rahmat Mustafa (depan kanan) bersama anggota komunitas Mercedes-Benz W204 Club Indonesia
Dok. Mercedes-Benz W204 Club Indonesia
Tomi Hadi (depan kiri) dan Rahmat Mustafa (depan kanan) bersama anggota komunitas Mercedes-Benz W204 Club Indonesia


Jadi selain touring, para member MB W204 Club Ina juga menggalakkan lokasi wisata baru yang perlu disuarakan agar lebih maju.

Selain itu berbagai terobosan yang sudah MB W204 Club Ina lakukan antara lain, meluncurkan tim balap yang didukung Gazpoll Racing Team bersama pembalap senior Tomi Hadi di ajang Indonesia Sentul Series of Motorsport (ISSOM) 2021.

Baca Juga: Gak Cuma Bentuk Tim Balap, Mercedes-Benz W204 Club Indonesia Berencana Jajal Sirkuit Mandalika Akhir Tahun Nanti

Kedua, memiliki aplikasi khusus untuk para member MB W204 Club Ina yang dapat mengakomodir berbagai keperluan semisal komunikasi, rekomendasi bengkel terpercaya di berbagai daerah, hingga fitur untuk jual beli.

Fitur jual beli ini, fungsinya tidak sebatas soal spare part atau pernak-pernik yang berkaitan dengan Mercedes-Benz W204 saja.

Melainkan segala hal yang bisa diniagakan antar member MB W204 Club Ina.

Ke depannya, tahun ini MB W204 Club Ina akan menggelar peringatan 9th Anniversary dengan tema Donation To The Nation.

Diangkatnya tema ini, demi membantu sesama yang membutuhkan dalam pemulihan ekonomi di masa pandemi Covid-19.

Misalnya, bekerja sama dengan pengusaha Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk dijual kepada member MB W204 Club Ina secara nasional maupun dalam pameran atau acara yang dibuat nantinya.

Ilustrasi persiapan touring MB W204 Club Ina
Dok. MB W204 Club Ina
Ilustrasi persiapan touring MB W204 Club Ina


Dalam gelaran 9th Anniversary, MB W204 Club Ina juga berencana bekerja sama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) untuk membantu mengatasi pemanasan global.

Contohnya semisal penanaman 204 pohon ataupun aktivitas yang bermanfaat bagi lingkungan dalam bentuk lainnya.

Selain itu, MB W204 Club Ina juga berencana mengajak 102 klub yang berada di bawah naungan MBCI.

Baca Juga: Interior Mercy C-Class W202 Makin Mewah Dijejali Aksesori Tuner Khas '90-an

 

Editor : Eka Budhiansyah

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa