Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Insentif PPnBM Tak Sebesar Tahun Lalu, Daihatsu Optimis Akan Tetap Berikan Dampak Positif

Wisnu Andebar - Jumat, 11 Februari 2022 | 18:56 WIB
Daihatsu All New Terios
Dok.Otomotif
Daihatsu All New Terios

GridOto.com - Pemerintah resmi memperpanjang insentif Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) mobil baru untuk 2022 ini.

Namun aturan main untuk perpanjangan diskon pajak dari pemerintah tersebut akan berbeda, mulai dari besaran insentif hingga kriteria mobilnya yang tidak sebanyak tahun lalu.

Insentif PPnBM kali ini hanya diperuntukkan dua segmen, yakni Low Cost Green Car (LCGC) dengan harga maksimal Rp 200 juta dan mobil baru kapasitas mesin sampai 1.500 cc dengan rentang harga Rp 200 juta hingga Rp 250 juta. 

Marketing Director dan Corporate Planning & Communication PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Amelia Tjandra, pun menanggapi dengan rasa optimis dan percaya kebijakan tersebut akan tetap berikan dampak positif.

Mengingat penjualan mobil baru secara nasional pada 2021 lalu, mengalami peningkatan yang begitu signifikan berkat adanya insentif PPnBM. 

"Sekarang relaksasinya kan lebih kecil dari tahun lalu, pasti tetap akan berdampak positif. Tetapi tidak sedahsyat tahun sebelumnya," kata Amel dalam konferensi pers yang digelar secara virtual, Jumat (11/2/2022).

Meskipun insentif PPnBM yang diberikan tidak sebesar tahun lalu, Amel menuturkan jika kekurangan ini akan ditopang dengan daya beli masyarakat yang semakin membaik.

Sehingga semua brand mendapatkan kesempatan yang sama, dengan adanya insentif PPnBM pada tahun ini.

"Jadi yang bermain di sini adalah daya beli. Sepanjang GDP (Gross Domestic Product) baik serta daya beli dan kebutuhan ada, maka pasar mobil akan naik,"pungkasnya.

Baca Juga: Daihatsu Daftarkan 51 Varian untuk Dapat Perpanjangan Insentif PPnBM 2022, Terdiri dari Ayla hingga Xenia

Mengacu Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 5/PMK.010/2022 untuk kategori LCGC dengan harga maksimal Rp 200 juta, insentif PPnBM 100 persen akan berlaku sepanjang kuartal pertama 2022. 

Kemudian pada kuartal kedua pemerintah akan mengenakan tarif PPnBM sebesar satu persen dan dua persen pada kuartal ketiga. 

Sementara pada kuartal keempat, LCGC akan dikenakan pajak barang mewah sesuai PP 74/2021 yakni tiga persen.

Kemudian untuk kendaraan dengan kapasitas mesin sampai dengan 1.500 cc dengan rentang harga Rp 200 juta hingga 250 juta, diberikan insentif PPnBM sebesar 50 persen pada kuartal pertama saja. 

Adapun pemberian insentif untuk segmen kedua ini diberikan untuk mobil baru dengan local purchase atau kandungan lokal di atas 80 persen.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa