Seken Keren - Pemilik Harus Pahami Rekomendasi BBM Untuk Nissan Elgrand E51, Wajib Oktan Tinggi?

Muslimin Trisyuliono - Sabtu, 22 Januari 2022 | 19:55 WIB
Ilustrasi Nissan Elgrand E51 Highway Star
Ilustrasi Nissan Elgrand E51 Highway Star

GridOto.com - Nissan Elgrand lansiran 2007 sampai 2010 hadir di Indonesia bukan melalui agen pemegang merek (APM) melainkan lewat importir umum.

Adapun Nissan Elgrand berkode bodi E51 yang beredar di Tanah Air tersedia dua tipe yaitu kubikasi mesin 2.500 cc V6 dan 3.500 cc V6.

Buat sobat yang berniat memiliki pesaing dari Toyota Alphard ini, tidak ada salahnya mengetahui rekomendasi bahan bakar minyak (BBM) untuk kedua mesin ini.

Tujuannya agar menjaga performa mesin tetap prima dan tidak mengalami kerusakan di kemudian hari.

Menurut Samsul Solihin, Kepala Mekanik Central Nissan di BSD, Tangerang Selatan, Elgrand E51 disarankan untuk diberi BBM berjenis Pertamax (RON 92).

"Rekomendasi pakai Pertamax RON 92. Kalau isi di bawah itu disarankan tune up lebih awal kami rekomendasi per 15.000 sampai 20.000 kilometer, jadi setiap tiga kali ganti oli harus tune up," ujar Samsul kepada GridOto.com, Jumat (21/01/2022).

Menurut pria asal Kebumen ini, jika pemilik Nissan Elgrand E51 nekat menggunakan bahan bakar dengan oktan yang lebih rendah akan berdampak pada performa mesin kurang responsif.

"Kalau tidak seperti itu (RON 92) akan menumpuk kerak karbon, sudah pasti akan timbul mesin ngelitik, kemudian tenaga akan hilang," ungkap Samsul.

Baca Juga: Seken Keren - Nissan Elgrand E51 Harganya Mulai Rp 140 Jutaan, Opsi Menarik Buat yang Belum Kesampaian Beli Alphard

Kendati demikian, Samsul mengungkapkan untuk konsumsi BBM dari Nissan Elgrand E51 varian 3.500 cc terbilang tidak jauh berbeda dan lebih responsif ketimbang 2.500 cc.

"Kalau saya rekomendasi lebih baik ambil yang 3.500 cc karena asumsi bahan bakar tidak terlalu jauh untuk di dalam kota 1 liter bisa menempuh jarak 6 sampai 7 kilometer," jelas samsul.

"Untuk 2.500 cc sebenarnya tidak terlalu jauh sekitar 1 liter bisa menempuh 8 sampai 10 kilometer karena cc agak kecil tapi beban berat sama saja jadi lebih rekomen yang 3.500 cc," pungkasnya.

Central Nissan

Sentral onderdil BSD, Jalan Letnan Sutopo, Blok C No 8, Tangerang Selatan, Banten (0838-2066-4202) 


Editor : Hendra

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa