Seken Keren - Kelebihan dan Kekurangan Nissan Elgrand E51 Menurut Bengkel Spesialis, Masih Layak Dipinang?

Muslimin Trisyuliono - Sabtu, 22 Januari 2022 | 15:10 WIB
Ilustrasi Nissan Elgrand generasi kedua
Ilustrasi Nissan Elgrand generasi kedua

GridOto.com - Nissan Elgrand E51 lansiran 2007 sampai 2010 bisa menjadi opsi menarik, buat yang ingin memiliki Multi Purpose Vehicle (MPV) bekas dengan harga relatif terjangkau.

Di pasar mobil bekas, Nissan Elgrand E51 saat ini terpantau bisa dipinang dengan harga mulai Rp 140 juta sampai Rp 190 juta tergantung tahun dan kondisi unit.

Selain harganya yang kini relatif terjangkau, MPV pesaing dari Toyota Alphard ini tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan.

Menurut Samsul Solihin, Kepala Mekanik Central Nissan di BSD, Tangerang Selatan, Elgrand E51 masih layak dipinang di awal tahun 2022 ini.

"Untuk sekarang Elgrand E51 layak menurut saya dengan catatan perawatan harus benar," ujar Samsul kepada GridOto.com, Jumat (21/01/2022).

Samsul memiliki alasan, Nissan Elgrand E51 masih layak dipinang karena memiliki beberapa keunggulan.

"Kelebihan Elgrand E51 sudah pasti nyaman kabin luas, fitur mewah dan safety cukup lengkap," ungkap Samsul.

Jika melihat fiturnya, Nissan Elgrand E51 dibekali dengan sejumlah teknologi yang cukup mewah, sebut saja Rear Seat Remote Control yang terpasang di belakang jok penumpang depan.

Baca Juga: Nissan Elgrand Lama Tampil Kece, Andalkan Body Kit Simpel dan Pelek Unik

Remote ini berfungsi untuk mengatur misal sistem climate control di area kabin belakang, layar DVD, dan audio mobil yang hanya disematkan di varian Highway Star.

Untuk sektor keselamatannya, Elgrand E51 dibekali dengan beberapa fitur, sebut saja rem Anti-lock Braking System (ABS), Electric Brake Distribution (EBD), dan Vehicle Dynamic Control (VDC).

Serta, ada juga kamera 360 derajat untuk memudahkan pengemudi saat parkir.

Bagain bodi belakang Nissan Elgrand generasi kedua
Bagain bodi belakang Nissan Elgrand generasi kedua

Sementara kekurangannya, Samsul menilai dengan bobot Elgrand E51 yang besar untuk pilihan mesin 2.500 cc tenaganya agak loyo.

"Untuk mesin 2.500 cc performa agak kurang dengan bodi segitu besarnya jadi agak lemot dibanding 3.500 cc. Solusinya diremap, tapi ada konsekuensi mengurangi umur mesin," jelas Samsul.

Kemudian, harga sparepart Elgrand E51 yang mahal dan harus inden terlebih dahulu lantaran bengkel jarang ada yang menyetok.

"Lalu kalau ke daerah jarang ada yang mengerti (Elgrand E51), jadi kami sarankan kalau ingin maintenance ke bengkel spesialis," pungkasnya.

Sekadar informasi, Nissan Elgrand E51 dibekali dengan dua pilihan mesin, pertama berkubikasi 3.500 cc V6 yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 273 dk dan torsi 353 Nm.

Lalu, ada juga mesin berkubikasi 2.500 cc V6 yang mampu menghasilkan tenaga 183 dk dan torsi 233 Nm.



Editor : Hendra

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa