Jangan Dicoba! Ini Efek Samping Potong Kertas Filter Udara Motor

Muhammad Farhan - Rabu, 26 Januari 2022 | 12:20 WIB
Ilustrasi potong filter udara motor
FB Bekakas
Ilustrasi potong filter udara motor

GridOto.com – Jangan dicoba! Inilah kerugian yang ditimbulkan kalau motor pakai filter udara yang kertas saringannya sudah dipotong.

Trik ini memang terkadang dilakukan oleh sebagian mekanik serta bikers yang ingin menaikan performa mesin tanpa keluar biaya tambahan.

Meskipun awalnya bisa bikin tarikan mesin terasa enteng, berikut ini adalah efek samping yang bakal terjadi pada motor kalian jika kertas filter udara nekat dipotong.

“Sudah pasti karburator atau sistem injeksi di motor jadi cepat kotor. Kalau sudah begini ganti filter udara baru saja dijamin enggak pengaruh,” jelas Warman, mekanik bengkel Takutic Motor yang ada di Kebagusan, Jakarta Selatan.

Baca Juga: Selain Filter Udara dan Filter Oli, Filter di Motor Injeksi Ini Juga Harus Dicek

Sebab, endapan debu dan kotoran jadi lebih cepat menumpuk di bagian karburator, throttle body dan intake yang mengarahkan udara ke dalam mesin.

Bukannya bikin laju motor enteng, kalau bagian tersebut sudah tertimbun kotoran justru bikin motor jadi berat.

Ilustrasi ruang bakar berkerak
Fariz/otomotifnet.com
Ilustrasi ruang bakar berkerak

Kondisi payung klep dan ruang bakar mesin pun jadi cepat kotor, yang jadi penyebab motor gampang panas dan tentu mempercepat keausan komponen mesin.

“Efeknya mesin bisa sampai mengalami hilang kompresi dan bikin motor mogok, makanya jangan dianggap sepele,” lengkapnya.


Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa