Pilih Pakai Filter Udara Busa atau Kertas di Motor? Ini Untung Ruginya

Muhammad Farhan - Jumat, 31 Desember 2021 | 12:20 WIB
Filter udara kotor milik Honda Vario
Farhan
Filter udara kotor milik Honda Vario

GridOto.com – Pilih pakai filter udara tipe busa atau filter udara kertas di motor? Inilah untung dan ruginya yang bisa kalian pertimbangkan.

Pada motor keluaran terbaru, dari pabrikan memang umumnya sudah melengkapi motor dengan filter udara kertas yang wajib diganti saat sudah kotor.

Sedangkan filter udara busa, banyak digunakan oleh motor keluaran lama yang bisa dibersihkan saat kotor dan dipakai kembali.

“Kelebihan filter udara kertas jelas lebih praktis. Cukup periksa berkala dan kalau sudah kotor tinggal diganti baru,” jelas Ferdi, pemilik bengkel DMX Motor, Tanjung Duren, Jakarta Barat.

Baca Juga: Tips Beli Motor Bekas, Ini Efek Buruk Buat Mesin Motor Yang Enggak Pakai Filter Udara

Selain itu, filter udara model kertas juga lebih ampuh menyaring debu atau kotoran berukuran kecil agar tidak masuk ke ruang bakar.

Rata-rata pemakaian filter udara kertas di motor hanya bisa dipakai selama 8 ribu kilometer dengan cara diperiksa kondisinya per 6 bulan pemakaian.

Kalau nekat dibersihkan pakai angin kompresor atau dicuci, filter udara kering bakal langsung rusak dan tidak berfungsi lagi.

Filter udara kertas modifikasi jadi filter udara busa
Arseen
Filter udara kertas modifikasi jadi filter udara busa

“Tapi saat ini banyak juga yang modifikasi filter udara, lapisan kertas yang ada diganti pakai busa filter udara bawaan motor lama,” ungkapnya.

Baca Juga: Pemilik Wajib Waspada, Ini Tiga Penyebab Oli Mesin Motor Naik ke Filter Udara


Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa