Jangan Sampai Salah, Begini Cara Memilih Asuransi Kendaraan yang Tepat

Muslimin Trisyuliono - Rabu, 20 Oktober 2021 | 06:35 WIB
Ilustrasi pelayanan asuransi astra
Istimewa
Ilustrasi pelayanan asuransi astra

GridOto.com - Ketika aktivitas mobilitas sudah berangsur kembali pulih seperti sekarang ini, asuransi kendaraan menjadi salah jenis perlindungan yang dirasa penting.

Namun berdasarkan Bank Dunia, penetrasi asuransi di Indonesia tergolong rendah dibanding negara tetangga seperti Malaysia, Thailand dan Filipina.

Hal tersebut didukung dengan data dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada tahun 2019 yang menunjukkan tingkat literasi asuransi di Indonesia berada di angka 19,4 persen.

Padahal apabila melihat dari fungsinya, asuransi itu sebenarnya memiliki banyak manfaat yang baru terasa di saat momen darurat dan dapat melindungi dari risiko pengeluaran biaya yang membengkak.

Lantas, bagaimana cara memilih asuransi bagi kendaraan sobat agar dapat merasakan perlindungan secara optimal?

Laurentius Iwan Pranoto, selaku Head of Communication & Customer Service Management Asuransi Astra pun memberikan penjelasannya.

"Berkendara aman itu wajib, namun dengan memberikan perlindungan tambahan pada kendaraan melalui asuransi, Anda dapat menikmati setiap perjalanan dengan peace of mind," ujar Iwan dalam keterangan resmi yang diterima GridOto.com, Selasa (19/10/2021).

Oleh karena itu, memilih asuransi kendaraan agar mendapat perlindungan yang tepat perlu dipertimbangkan.

1. Pertama tentukan jenis pertanggungan sesuai dengan kebutuhan.

Pastikan jenis pertanggungan polis yang dipilih menyesuaikan dengan kebutuhan sobat, apakah pertanggungan comprehensive yang menjamin kerugian atau kerusakan sebagian seperti tergores dan penyok maupun kerugian total yang diakibatkan oleh risiko yang dijamin dalam polis.

Baca Juga: Perluas Layanan, Asuransi Astra Gandeng Halodoc Luncurkan Garda Healthtech


Editor : Eka Budhiansyah

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa