Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Peringati Hari Kesehatan Mental Dunia, Psikolog Beri Cara Hidup Tanpa Gangguan Mental Untuk Pengendara

Harun Rasyid - Minggu, 10 Oktober 2021 | 19:09 WIB
Ilustrasi berkendara
Rizky/GridOto.com
Ilustrasi berkendara

GridOto.com - Selain kesehatan jasmani, kesehatan mental juga harus diperhatikan sebelum memulai berbagai aktivitas termasuk berkendara.

Sebab jika kesehatan mental terguncang, akan membahayakan pengendara motor atau mobil di dalam perjalanan.

"Menikmati perjalanan saat berkendara ke tempat wisata atau tujuan tertentu sebetulnya bisa menghilangkan penat hingga stres yang manfaatnya baik untuk kesehatan mental," buka Psikolog Tika Bisono, S.Psi, M.Psi.T saat dihubungi GridOto.com, Minggu (10/10/2021).

Namun menurutnya, ada faktor yang membahayakan pengendara ketika kesehatan mental sedang terganggu.

"Tapi yang bahaya ini ketika perginya tanpa tujuan ketika ada masalah. Artinya perjalanan ini juga tidak direncanakan atau tanpa persiapan. Karena bisa saja ia malah datang ke wilayah yang berbahaya atau rawan kriminal yang justru menimbulkan masalah baru," katanya.

"Contoh seseorang naik motor ke Bali dari Jakarta tapi tanpa uang, persiapan, dan bekal yang cukup. Akhirnya emosi dan perasaannya bisa tidak karuan nantinya. Ini yang bahaya bagi kesehatan mental," sambung Tika.

Ia mengungkapkan, Hari kesehatan Mental Sedunia yang diperingati setiap 10 Oktober sebaiknya jadi momentum untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga kewarasan.

Terlebih saat Pandemi Covid-19 yang masih berlangsung, membuat sebagian orang mengalami sejumlah masalah yang bisa mengganggu kondisi mental.

Baca Juga: Penat di Rumah Aja? RC Suzuki Jimny Satu Ini Cocok Buat Yang Kangen Main 0ff-Road

Editor : Eka Budhiansyah

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa