Skema Pajak Berbasis Emisi Bisa Bikin Harga Sedan Turun? Begini Kata Honda dan Toyota

Muhammad Rizqi Pradana - Selasa, 14 September 2021 | 20:15 WIB
Ilustrasi New Honda City.
Honda
Ilustrasi New Honda City.

GridOto.com - Pemberlakuan skema Pajak Pembelian Barang Mewah (PPnBM) berbasis emisi pada 16 Oktober 2021, diharapkan mengawali era kendaraan ramah lingkungan di Indonesia.

Karena seperti namanya, skema PPnBM berbasis emisi yang tertuang pada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 73 Tahun 2019 tersebut menitikberatkan pada emisi dan konsumsi bahan bakar sebuah mobil.

Jauh dari skema PPnBM sebelumnya yang didasarkan pada tipe bodi, kubikasi mesin dan sistem penggerak.

Tapi tidak hanya mengubah paradigma, skema PPnBM berbasis emisi juga bisa 'mengacak-acak' harga mobil baru di Indonesia.

Yusak Billy, selaku Business Innovation & Marketing Director PT Honda Prospect Motor (HPM) mengatakan, pajak merupakan salah satu unsur dalam pembuatan harga.

"Tentunya bila terjadi perubahan pada pajak maka akan mempengaruhi harga jual, dan ini berlaku untuk semua mobil yang dipasarkan di Indonesia," ujar pria yang akrab disapa Billy tersebut kepada GridOto.com, Selasa (14/9/2021).

"Karena mereka mengikuti aturan perpajakan yang berlaku saat itu," imbuhnya.

Salah satu jenis mobil yang harga jualnya bisa sangat terpengaruh oleh skema PPnBM berbasis emisi adalah sedan.

Baca Juga: Harga Mobil Baru Bisa Naik dan Turun, Ini Perbandingan Skema Pajak Baru yang Berlaku 16 Oktober Nanti dengan yang Lama


Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa