Kok Ada Belalai di Kaki Yamaha XMAX Modif? Ternyata Ini Dia Fungsinya

M Aziz Atthoriq - Rabu, 15 September 2021 | 19:25 WIB
Dua Yamaha XMAX modifikasi, ada belalai pada kaki-kakinya
Kolase GridOto
Dua Yamaha XMAX modifikasi, ada belalai pada kaki-kakinya

GridOto.com - Kalau ngomongin modifikasi, tentu banyak sekali ide kreatif seperti pada dua Yamaha XMAX yang kami temui kali ini.

Bukan kali pertama, kami menemukan Yamaha XMAX yang pakai alat yang bentuknya mirip belalai gajah sob yang dipasang disektor kaki-kaki khususnya depan.

Alat ini pun kami temui pada Yamaha XMAX milik bro Max Alsthom dan Yoga Ningrat, yang keduanya memodifikasi setup kaki-kaki motornya.

Yamaha XMAX modifikasi
Aziz
Yamaha XMAX modifikasi

Penasaran, kamipun mewawancarai kedua owner Yamaha XMAX modif tersebut sob dan ternyata alat mirip belalai gajah itu punya fungsi yang dapat meningkatkan performa khususnya pengereman.

Baca Juga: Berdiri Di Atas Kaki-kaki Modif, Yamaha XMAX Oranye Ini Makin Menarik

Usut punya usut, alat yang bentuknya mirip belalai gajah ini terinspirasi dari moge (motor gede) bahkan pada MotoGP sob.

"Ini biasa disebut Air Scoop atau corong pendingin. Fungsinya penting, terutama yang sudah upgrade pengereman bercakram dan kaliper besar," tutur Yoga Ningrat kami wawancarai.

Penasaran, bagaimana kamipun lantas mencari tau fungsi dan system kerja dari alat Air Scoop yang letaknya berada tepat di depan kaliper dan piringan cakram.

Yamaha XMAX pakai kaliper rem Brembo M4, diskbrake Delkevic R25 plus air scoop custom
Aziz
Yamaha XMAX pakai kaliper rem Brembo M4, diskbrake Delkevic R25 plus air scoop custom

"Fungsi utamanya sebagai jalur masuknya udara dari depan. Jadi udara lebih fokus masuk ke air scoop ini, udara tersebut diarahkan untuk mendinginkan kaliper rem dan piringan cakram," sambung Yoga.

Baca Juga: Yamaha XMAX Tampil Maskulin, Modifikasi Padukan Aura Racy Plus Elegan


Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa