Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tips Beli Motor Bekas, Sebab dan Solusi Saklar Lampu Bermasalah

Muhammad Farhan - Kamis, 12 Agustus 2021 | 11:40 WIB
Saklar Lampu jauh dekat Honda Vario 125
honda community
Saklar Lampu jauh dekat Honda Vario 125

GridOto.comTips beli motor bekas kali ini bahas penyebab dan solusi saklar lampu jauh (high beam) dan dekat (low beam) bermasalah yang sering terjadi di motor bekas.

Meskipun terdengar sepele, masalah di saklar lampu bisa bikin kesulitan bagi bikers saat berkendara di kondisi gelap atau kurang penerangan.

Nah penyebab saklar lampu bermasalah sendiri umumnya akibat kerusakan pada dua komponen ini, sehingga perlu diperiksa lebih dulu.

“Kalau enggak karena lampu ada yang putus, umumnya karena tombol saklar lampu yang sudah kotor atau terserang karat,” jelas Topik dari bengkel Barokah Service yang ada di Jl. Moh Kahfi II No.33, Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Baca Juga: Pasang Lampu Tambahan Bikin Sekring Sering Putus? Ini Faktanya

Solusinya jika hanya lampu putus pun simpel, kalian cukup mengganti dengan lampu baru dan tes apakah fungsi lampu jauh dekat kembali normal.

Namun jika lampu sudah diganti atau masih normal namun tidak ada respon ketika tombol saklar dimainkan, maka bagian tombol saklar lampu perlu diperiksa atau diganti baru.

Bisa pakai saklar lampu jauh dan dekat buat Honda Supra X 125 dan Suzuki Smash, yang original
Isal/GridOto.com
Bisa pakai saklar lampu jauh dan dekat buat Honda Supra X 125 dan Suzuki Smash, yang original

“Caranya dengan bongkar rumah saklar di motor, bersihkan pakai cairan penetran dan jika ada kabel yang putus bisa disolder ulang,” lengkapnya.

Nah buat model tombol pisah atau satuan, maka solusinya perlu ganti tombol saklar lampu dengan yang baru, harganya berkisar Rp 25 ribuan.

Baca Juga: Ini Daftar Lengkap Arti Kedipan Lampu MIL di Motor Honda

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa