Ini Daftar Lengkap Arti Kedipan Lampu MIL di Motor Honda

Mohammad Nurul Hidayah - Rabu, 21 April 2021 | 18:40 WIB
Ilustrasi panel indikator motor Honda
Istimewa
Ilustrasi panel indikator motor Honda

Gridoto.com - Buat yang sedang membutuhkan, berikut ini kami lampirkan daftar lengkap arti kedipan malfunction indicator lamp (MIL) yang ada di panel indikator motor Honda.

Kedipan pada lampu MIL sendiri menjadi tanda terjadinya masalah pada salah satu komponen di motor.

Pada kondisi normal, ketika kunci kontak dalam posisi ON maka MIL akan menyala sekitar 2 detik kemudian mati kembali dan motor siap dinyalakan.

Jika ada masalah, maka MIL akan terus berkedip dan jumlah kedipan pada MIL memiliki arti tersendiri untuk mengetahui permasalahan yang terjadi pada sistem PGM-FI di motor Honda.

Baca Juga: Mendadak Muncul Kode Error 54 di Motor Honda, Tanda Kerusakan Serius?

Kedipan MIL terdapat dua jenis, yaitu kedipan cepat yang berlangsung selama 0,3 detik dan kedipan panjang yang berlangsung selama 1,3 detik.

Dalam mendeteksi kedipan MIL, untuk satu kedipan panjang akan dihitung sama seperti 10 kedipan cepat. Lalu untuk satu kedipan cepat akan dihitung 1.

Nah, dengan menghitung angka jumlah kedipan MIL ini kalian bisa mengetahui bagian apa yang bermasalah di motor.

“Kehadiran MIL bukan sesuatu yang baru. Kemudahan dalam mendeteksi permasalahan di motor dapat diketahui oleh konsumen secara mudah. Namun kami tetap sarankan agar konsumen menuju AHASS terdekat agar motor dapat ditangani dengan tepat oleh teknisi AHASS,” ujar Endro Sutarno, Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM).

Baca Juga: Copot Aki Motor, Lepas Kabel Positif Atau Negatif Duluan Biar Aman?

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa