Jangan Panik, Saat Berlaku Agustus Nanti, Pemilik Moge di Atas 500 cc Masih Boleh Menggunakan SIM C1. Tapi Ada Batas Waktunya

Hendra - Kamis, 22 Juli 2021 | 15:00 WIB
Ilustrasi penggolongan SIM C untuk moge
Instagram.com/tmcpoldametro
Ilustrasi penggolongan SIM C untuk moge

GridOto.com- Pemilik Motor gede (Moge) di atas 500 cc, sobat masih diperbolehkan menggunakan SIM yang tidak sesuai dengan penggolongan. 

Aturan ini merupakan toleransi dari peralihan penggolongan SIM yang sudah diundangkan dalam Peraturan Kepolisian (Perkap) No. 5 Tahun 2021 mengenai Penerbitan dan Penandaan SIM yang ditetapkan 19 Februari 2021. 

Menurut AKBP Arief Budiman, Kasi Standar Pengemudi Ditregident Korlantas Polr mengungkapkan pihak Kepolisian memberikan toleransi untuk pemilik moge di atas 500 cc.

"Penggolongan SIM C ini kan berjenjang. Dan untuk mendapatkan jenjang di atasnya butuh waktu 1 tahun. Jadi dari SIM C ke SIM CII baru bisa dilakukan pada tahun kedua," kata AKBP Arief di kantornya beberapa waktu lalu. 

Menurut AKBP Arief pihaknya akan melakukan pelaksanaan penggolongan SIM pada Agustus ini. 

Jadi, menurutnya pemilik motor dengan kapasitas silinder 500 cc, sebaiknya meningkatkan golongan ke SIM CI pada Agustus.

Dengan demikian, pada masa toleransi ini, pemilik Moge di atas 500 cc ini tinggal menunggu waktu saja setahun ke depan untuk menaikkan lagi penggolongan SIMnya menjadi CII. 

"Pada tahun depannya atau Agustus 2022, pemilik SIM CI sudah bisa meningkatkan ke golongan SIM CII yang sesuai dengan peruntukkannya," jelas AKBP Arief yang berkantor di bilangan Cawang, Jakarta Selatan. 

Baca Juga: Ada Rencana SIM Menjadi Tiga Golongan, Ini Penjelasan Polisi

Baca Juga: Punya skutik 150 CC, Motor Sport 250 CC dan Harley Davidson, Harus Punya Semua Penggolongan SIM C atau Cukup CII Saja?


Editor : Hendra

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa