Semua Wajib Tahu, Jika Kena Blacklist BI Checking Tapi Mau Kredit Lagi? Begini Cara Supaya Diterima Leasing

Naufal Shafly - Kamis, 22 Juli 2021 | 07:15 WIB
Ilustrasi pengajuan kredit
avaz.ba
Ilustrasi pengajuan kredit

GridOto.com - Konsumen yang melakukan wanprestasi atau menunggak cicilan kredit, biasanya akan berimbas pada rekam jejak mereka di BI Checking.

Umumnya, nama konsumen tersebut akan diblacklist di BI checking, sehingga yang bersangkutan akan sulit mengajukan kredit lagi di kemudian hari.

Untuk diketahui, BI Checking adalah pencatatan informasi debitur yang berisi riwayat kelancaran pembayaran atau sebaliknya.

Lalu, kalau konsumen sudah terlanjur diblacklist di BI checking, bagaimana solusinya agar pengajuan kredit bisa diterima lagi oleh perusahaan pembiayaan atau leasing?

Menurut Direktur Direktur Penjualan, Pelayanan, dan Distribusi Adira Finance, Niko Kurniawan Bonggowarsito, tak ada jalan lain bagi konsumen tersebut selain melunasi hutang mereka.

Sebab, jika konsumen masih memiliki masalah pembiayaan yang terekam di BI checking, perusahaan pembiayaan pasti akan menolak pengajuan kredit mereka.

"Semuanya tergantung kepada perusahaan pembiayaan atau bank yang menjadi pilihan orang tersebut," ucap Niko saat dihubungi GridOto.com, Rabu (21/7/2021).

"Tapi biasanya pasti ditolak, karena mencerminkan ada ketidakmampuan orang tersebut," lanjutnya.

Baca Juga: Tak Kuat Bayar Angsuran Kendaraan Dikembalikan, Apa Sisa Cicilan Dianggap Lunas?

Baca Juga: Semua Wajib Tahu, Begini Prosedur Oper Kredit Resmi


Editor : Hendra

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa