Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

MotoGP Spanyol 2024

Regulasi MotoGP 2027 Enggak Jelas, Yamaha dan Honda Dikadalin

Rezki Alif Pambudi - Kamis, 25 April 2024 | 19:30 WIB
Masih ada tarik ulur mengenai penerapan regulasi MotoGP 2027, ada peluang Yamaha dan Honda dirugikan
HRC MotoGP
Masih ada tarik ulur mengenai penerapan regulasi MotoGP 2027, ada peluang Yamaha dan Honda dirugikan

GridOto.com - Sudah lama dibahas dalam beberapa bulan terakhir, regulasi baru MotoGP 2027 masih belum jelas kepastiannya hingga saat ini.

Regulasi MotoGP yang akan diberlakukan mulai 2027 ini mencakup beberapa ketentuan baru, salah satunya adalah dipangkasnya kubikasi mesin dari 1.000 cc menjadi 850 cc saja.

Juga ada batasan mengenai spek aerodinamika MotoGP dan ride height device, yang fungsinya membatasi performa motor yang sekarang sudah terlalu kencang dan membahayakan.

Tiap pabrikan dikabarkan sudah sepakat mengenai hal tersebut, namun ternyata masih ada satu kendala besar yang disinyalir menjadi alasan kepastian aturan MotoGP yang baru ini diumumkan.

Seperti yang berlaku sebelum penerapan regulasi baru di F1, ada wacana bahwa MotoGP juga akan memberlakukan 'pembekuan mesin' sebelum regulasi baru berlaku pada 2027.

Pembekuan mesin atau yang dikenal dengan 'frozen engine' ini, membuat pabrikan tertentu tidak diperkenankan mengutak-atik mesinnya selama satu musim kompetisi.

Untuk musim 2024 dalam aturan konsesi baru MotoGP, hanya Honda dan Yamaha yang masuk kategori D konsesi lah yang diperbolehkan mengembangkan mesinnya dalam satu musim kompetisi.

Sedangkan mesin Ducati, KTM dan Aprilia tersegel sejak awal musim dan mereka tidak bisa mengubah spesifikasinya.

Nah soal regulasi MotoGP 2027, kabarnya ada sebagian pabrikan yang mengusulkan bahwa frozen engine ini diterapkan selama dua musim sebelum regulasi baru diterapkan.

Baca Juga: Layaknya Codeblu vs Chef Arnold, Jorge Lorenzo Tantang Dani Pedrosa Adu Tinju

Breaking News! Banjir Bandang Paksa MotoGP Kazakhstan Ditunda

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa