Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Lampu Sein Motor Enggak Berkedip Setelah Diganti LED? Ini Solusinya

Muhammad Farhan - Jumat, 16 Juli 2021 | 19:10 WIB
Ilustrasi lampu sein LED aftermarket terpasang di motor
Dok. GridOto
Ilustrasi lampu sein LED aftermarket terpasang di motor

GridOto.com – Apakah lampu sein motor kalian enggak berkedip setelah diganti dari bohlam jadi LED? Ini penyebab serta solusinya.

Umumnya hal ini dilakukan pengguna motor keluaran lama yang ingin tampil modern, hemat daya dan pancaran cahaya yang lebih terang dengan ganti lampu bawaan pakai lampu LED.

Enggak perlu panik atau bingung, ternyata lampu sein jadi enggak berkedip setelah diganti model LED ini normal dan terbilang mudah diatasi.

“Penyebabnya karena spesifikasi pembagian arus pada flasher bawaan motor lebih besar, karena dirancang buat lampu bohlam,” jelas Agus, dari workshop W9 Jelambar, Jakarta Barat.

Baca Juga: 4 Hal Utama yang Sebabkan Lampu Sein Motor Mati Atau Tidak Berkedip

Sebagai ilustrasi, lampu sein bohlam memiliki spesifikasi daya 10 watt per unit dan lampu sein LED jauh lebih kecil yaitu hanya sekitar 2 watt per unit.

Akibat perbedaan watt tadi, flasher bawaan motor tidak dapat membagi arus ketika dipasang lampu LED dan jadi tidak berkedip saat sein dinyalakan.

Ilustrasi flasher sein LED aftermarket
Farhan
Ilustrasi flasher sein LED aftermarket

“Solusinya supaya berkedip hanya perlu ganti flasher bawaan dengan flasher sein LED aftermarket, plug and play alias tinggal pasang kok di motor,” lengkapnya.

Mencari flasher sein LED saat ini pun mudah, karena sifatnya yang universal buat aneka motor di pasaran dan harganya pun murah hanya sekitar Rp 25 ribu.

Baca Juga: Jangan Disepelekan, Ini Penyebab Lampu Sein Mati Saat Musim Hujan

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa