Upgrade Lampu Motor, Ini Sebab LED Kini Jadi Pilihan Dibanding HID

Muhammad Farhan - Jumat, 7 Mei 2021 | 12:40 WIB
Sorot lampu Honda Vario 150
Dok.M+
Sorot lampu Honda Vario 150

GridOto.com – Buat kalian yang tertarik untuk upgrade lampu depan motor, ini sebabnya lampu LED kini jadi pilihan favorit dibandingkan lampu HID.

Tren lampu HID (High Intensity Discharge) memang sempat populer di kalangan bikers sebelum lampu LED (Light Emitting Diode) beredar luas.

Meskipun masih ada yang memilih HID untuk upgrade lampu bawaan, inilah alasannya mengapa LED lebih digemari.

“Faktor utama LED lebih dipilih karena konsumsi daya listrik yang jauh lebih kecil dan terbilang lebih mudah dipasang dibandingkan HID,” ungkap Amirudin, owner workshop Amink Projie di Ciputat, Tangerang Selatan.

Baca Juga: Cahaya Lampu HID di Motor Tidak Tembus Hujan? Ini Kata Spesialis

Menggunakan gas xenon sebagai sumber cahaya, konsumsi daya listrik lampu jenis HID di pasaran terbilang besar, yaitu berkisar 35 sampai 55 Watt.

Lampu HID juga ukurannya lebih besar, lebih sensitif dan perlu tambahan ballast untuk mengumpulkan arus listrik supaya lampu bisa menyala.

Ilustrasi lampu HID dan ballast
xenondepot.com
Ilustrasi lampu HID dan ballast

“Tergantung besarnya watt yang dipakai, lampu HID ada waktu loading hingga intensitas cahayanya bisa maksimal sejak dinyalakan,” jelasnya.

Sedangkan lampu LED punya ukuran lebih ringkas, enggak pakai ballast dan langsung terang secara instan ketika dinyalakan.

Baca Juga: Musim Hujan Bikin Mika Lampu Motor Rentan Kusam, Mitos atau Fakta?

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa