Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Lagi Banyak Bolak-balik di Jalan, Apakah Sopir Ambulance Harus Bersertifikasi, Ini Skill yang Wajib Dimiliki

Muhammad Mavellyno Vedhitya - Rabu, 7 Juli 2021 | 13:46 WIB
Ilustrasi, sopir ambulance harus bersertifikasi
GridOto.com
Ilustrasi, sopir ambulance harus bersertifikasi

GridOto.com - Profesi sopir ambulannce yang merupakan kendaraan prioritas nomor dua setelah pemadam kebakaran, saat ini menjadi pekerjaan yang tidak boleh diremehkan.

Berisiko tinggi, profesi sopir ambulance dituntut untuk selalu siap, sigap, dan penuh kehati-hatian dalam menjalankan tugas.

Untuk itu, Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), Jusri Pulubuhu mengatakan kalau saat ini sopir ambulance sudah harus bersertifikasi.

"Jadi domain atau wilayah daripada ambulans itu sertifikasinya dikeluarkan oleh Departemen Kesehatan," ujar Jusri saat dihubungi GridOto.com, Rabu (7/7/2021).

Baca Juga: Semua Pengendara Harus Tahu, Ambulance Bawa Pasien VS Jenazah, Mana yang Lebih Prioritas, Ini Kata Polisi

Akan tetapi, disampaikan oleh Jusri kalau sertifikasi ambulans tersebut hanya sebatas unit ambulans, komponen-komponen yang harus disediakan pada ambulans , dan paramedic yang harus menyertai ambulans.

"Kemudian mengenai pengemudinya tidak ada sertifikasi, hanya sebatas kepemilikan sim saja, tidak ada persayaratan khusus mengenai sopir ambulance tersebut," sebut Jusri.

Namun, dikatakan oleh Jusri kalau sopir ambulance tersebut juga dapat memperoleh sertifikasi jika merangkap sebagai paramedic.

Editor : Fendi

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa