Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Kata 'Ambulance' Di Bagian Depan Mobilnya Kok Terbalik? Ternyata Ini Maksudnya

Harun Rasyid - Selasa, 31 Maret 2020 | 09:40 WIB
Mobil Ambulans di RS Sulianti Saroso
Nasional.kompas.com
Mobil Ambulans di RS Sulianti Saroso

GridOto.com - Sekitar 2 bulan terakhir, dunia sedang fokus menghadapi masalah kesehatan dengan mewabahnya virus Corona yang menjangkiti banyak negara, tak terkecuali Indonesia.

Karena itu, para tenaga medis di seluruh dunia kini sedang berjuang mengobati penyakit Covid-19 yang berasal dari Wuhan, China tersebut.

Bicara soal dunia medis, pastinya kita sudah tidak asing dengan mobil penolong nyawa pasien, yang biasa di Indonesia disebut Ambulans.

Namun, ada yang aneh dengan ejaan penulisan kata Ambulance di bagian depan kendaraan yang terlihat terbalik ejaannya, sehingga akan terbaca 'ECLANUBMA'.

(Baca Juga: Michelin Berikan Pergantian Ban Gratis Untuk Ambulans di Jerman)

Rupanya, dibaliknya penulisan kata tersebut bukan tanpa maksud dan tujuan sob.

Karena dalam Undang Undang (UU) No 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ), khususnya pasal Pasal 134, Ambulans memiliki hak atau prioritas khusus untuk didahulukan dalam arus lalu lintas.

Atau untuk memudahkan laju Ambulans di situasi darurat atau saat membawa pasien yang membutuhkan pertolongan sesegera mungkin ke rumah sakit.

Jadi, ketika Ambulance menyalakan sirine, pengendara lain di depannya, otomatis bakal melihat kaca spion dan melihat ejaan 'ECLANUBMA' akan terbaca Ambulance oleh pengendara tersebut.

(Baca Juga: Sopir Ambulans Berbagi Cerita, Dilema Saat Terjebak Macet Hingga Mobil Terasa 'Ramai')

Penulisan yang disebut Mirror Writing tersebut, rupanya merupakan standar internasional yang diterapkan di semua unit Ambulans pada tiap bagian depan atau kap mobilnya.

Nah, sekarang udah tahu kan sob kenapa bacaan Ambulans dibuat terbalik jika dibaca dari bagian depan atau arah berlawanan.

Jadi kalau ada Ambulans di belakang kendaraan kita, secepat mungkin kita harus memberi jalan ya sob.

Editor : Eka Budhiansyah
Sumber : Autojosh.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa