Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Semua CVT Motor Matic Bisa Gredek Kalau Dua Part Ini Enggak Dirawat

Isal - Selasa, 6 Juli 2021 | 19:40 WIB
Penyebab gredek pada motor matic
Isal/GridOto.com
Penyebab gredek pada motor matic

GridOto.com - Awas, gejala gredek atau getar di CVT motor matic ternyata bisa menimpa semua motor matic kalau dua part berikut ini enggak pernah dirawat.

Penyebab motor matic gredek pada motor matic berasal dari masalah di area CVT.

"Sebenarnya penyebab gredek pada motor matic ada dua, kalau enggak dari kampas ganda, ya dari rumah atau mangkuk kampas ganda," buka Muhammad Faiz selaku pemilik D'Kutic, bengkel spesialis motor matic kepada GridOto beberapa waktu yang lalu (06/21).

Seperti diketahui, gredek atau gejala bergetar di CVT motor matic umumnya terjadi saat motor mau jalan atau angkatan pertama.

Baca Juga: CVT Motor Matic Mau Lebih Awet Dan Bebas Gredek? Hindari 3 Hal Ini

"Gredek saat angkatan pertama itu disebabkan oleh kampas ganda yang slip," kata Faiz, mekanik jebolan Takutic, bengkel spesialis motor matic dibilang Kebagusan, Pasar Minggu ini.

Menurut Faiz, ada beberapa penyebab kampas ganda slip yang kemudian menimbulkan gredek.

Sil pulley belakang yang getas seperti pada di foto membuat grease keluar dan mengotori rumah kampas ganda dan kampas ganda
Isal/GridOto.com
Sil pulley belakang yang getas seperti pada di foto membuat grease keluar dan mengotori rumah kampas ganda dan kampas ganda

"Kotoran berupa debu, enggak hanya dari luar yang terhisap ke CVT, sisa-sisa tapak kampas ganda yang terkikis bisa menjadi debu dan membuat kampas ganda licin (slip)," beber Faiz.

Kemudian grease atau gemuk dari pulley belakang yang masuk ke rumah kampas ganda juga bisa menjadi penyebab kampas ganda slip.

Baca Juga: Ini Untung Rugi Melubangi Rumah Kampas Ganda Yang Harus Diketahui!

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa