Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Jangan Sampai CVT Gredek, Segini Biaya dan Anjuran Servis Vespa Matic Dari Bengkel Spesialis

Harun Rasyid - Senin, 29 Maret 2021 | 15:58 WIB
Showroom dan bengkel Vespa matic bekas Vescooter di Depok
Istimewa
Showroom dan bengkel Vespa matic bekas Vescooter di Depok

GridOto.com - Seiring zaman, Vespa hadir dengan fitur modern seperti lampu LED, rem depan cakram dan penggunaan transmisi matic yang dinilai lebih praktis.

Namun Vespa modern semisal LX, Sprint dan model lainnya, tetap membutuhkan perawatan rutin agar tetap nyaman dikendarai.

Jika perawatan Vespa matic kurang diperhatikan, performanya akan kurang optimal karena komponen di dalam Countinuously Variable Transmission (CVT) bisa mengalami gredek.

"CVT Vespa matic generasi terbaru sudah berteknologi i-get dan sudah lebih baik dibanding generasi sebelumnya yaitu 3V. Tapi kalau masih gredek, itu karena perawatannya kurang benar," ujar Amos Ivan, Owner showroom Vespa matic bekas Vescooter di Depok, kepada GridOto.com beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Vespa Sprint Tampil Menawan, Bodi Makin Elegan, Part-partnya Mewah

Ivan mengatakan, servis Vespa matic dianjurkan setiap pemakaian lebih dari sebulan jika memang pemakaian harian.

"Anjuran servis Vespa matic yang baik itu sebaiknya setiap motor menempuh jarak 2.500 kilometer (km) atau jangka waktu 1 bulan setengah. Jadi yang mana yang duluan dicapai aja," ungkap pria yang juga membuka bengkel di showroom miliknya tersebut. 

Menurut Ivan, mekanisme servis rutin Scooter modern asal Italia tersebut dimulai dengan penggantian oli hingga pembersihan CVT.

Bengkel Vespa matic di showroom Vescooter
Harun/GridOto.com
Bengkel Vespa matic di showroom Vescooter


"2.500 km itu sudah paling mentok dan sesuai aturan resmi Piaggio. Jadi jangan lebih dari itu. Untuk servis itu biasanya kami ganti oli mesin dan gardan, cek rem dan busi, tune up, servis CVT, plus pembersihan injector maupun karburator di model Vespa matic yang lawas," jelasnya.

Baca Juga: Awkarin Makin Gaya dan Kencang, Vespa Primavera Ratusan Jutanya Dimodif Lebih Catchy!

Editor : Eka Budhiansyah

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa