Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Masalah Transmisi Matik Honda Civic FD Generasi Kedelapan, Lalai Ganti Part Murah Ini Matik Bisa Jebol!

Harun Rasyid - Kamis, 24 Juni 2021 | 19:50 WIB
Ilustrasi Honda Civic FD
Dok. OTOMOTIF
Ilustrasi Honda Civic FD

GridOto.com - Selain desainnya masih terlihat keren, Honda Civic FD lansiran 2005-2011 juga memiliki harga yang terjangkau di pasaran mobil bekas saat ini.

Honda Civic FD generasi kedelapan tersedia dalam varian mesin 1.800 cc dan 2.000 cc, dikombinasikan dengan pilihan transmisi manual serta otomatis 5-percepatan.

Bagi yang mau meminangnya, harga mobil bekas Honda Civic FD berkisar Rp 95 juta hingga Rp 190 jutaan tergantung kondisi dan tahunnya.

Jika sedang mengincar Honda Civic FD matik, tidak ada salahnya mengetahui beberapa masalah yang kerap terjadi pada komponen transmisi.

Baca Juga: Seken Keren: Panduan Perawatan Transmisi Matik Honda Civic FD, Mulai Rp 100 Ribu Saja!

"Matik di Civic generasi kedelapan ini sebenarnya cukup bandel dibanding jenis CVT karena dia masih konvensional, cuma kurang nyaman saja karena dia sedikit ada hentakan saat digunakan," buka Deden Hamdani, Owner bengkel spesialis mobil Honda Auto Broundtax Motor (ABM), kepada GridOto.com beberapa waktu lalu.

"Tapi karena faktor umur, paling ada beberapa part yang rusak seperti selenoid. Efek Rusaknya selenoid berpengaruh ke perpindahan gigi yang kasar dan menghentak, serta indikator D berkedip," sambungnya.

Ilustrasi. Transmisi otomatis Honda Civic FD
Rev
Ilustrasi. Transmisi otomatis Honda Civic FD


Deden mengatakan, masalah transmisi otomatis Honda Civic FD harus segera diselesaikan di bengkel.

"Kalau ini terjadi mobil masih bisa dipakai, cuma lama-lama kopling bisa gosong. Jadi harus segera dilakukan pemindaian (scan), biasanya sih selain sellunoid dari switch tekanan oli matic yang error," katanya.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa