Pengamat: Aturan Penuh Ganjil-Genap Perlu Dikaji, Jangan Gegabah

M. Adam Samudra - Kamis, 10 Juni 2021 | 12:16 WIB
Ilustrasi kawasan ganjil genap di DKI Jakarta.
TribunJakarta.com / Gerald Leonardo Agustino
Ilustrasi kawasan ganjil genap di DKI Jakarta.

GridOto.comPemerhati Masalah Transportasi, Budiyanto menilai pemberlakuan sistem ganjil-genap kendaraan roda empat di DKI Jakarta secara penuh ditengah pandemi perlu dikaji lebih mendalam.

"Rencana menerapkan kembali kebijakan pembatasan lalu lintas dengan skema gage perlu dipikirkan," kata Budiyanto kepada GridOto.com, Kamis (10/6/2021).

Menurut dia, konsep awal dari kebijakan gage selain untuk mengurangi kepadatan arus lalu lintas, juga untuk menekan mobilitas penduduk sebagai upaya mencegah penularan Covid.

Pasalnya, pemerintah Provinsi DKI justru terus memperpanjang program PPKM dari tanggal 1 Juni sd 14 Juni 2021, mengingat penularan dianggap kurang optimal.

Baca Juga: Tak Semua Wilayah Akan Diberlakukan Ganjil Genap. Ini Persyaratannya!

"Perlu ada terobosan untuk menekan mobilitas penduduk yang berpotensi merebaknya penyebaran virus," tuturnya.

Mantan Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya mengingatkan yang perlu menjadi pertimbangan dengan pemberlakuan gage dapat mendorong masyarakat beralih ke Angkutan umum KRL,LRT dan MRT.

"Pasalnya apabila lemah dalam pengawasan akan sulit dilaksanakan dan berpeluang besar terjadi penularan Covid -19," tegasnya.

Baca Juga: Batas Kecepatan Kendaraan di Dalam Kota Bakal Dibatasi 30 Km/jam, Begini Tanggapan Pakar Safety

Ia berharap Pemerintah Daerah Provinsi DKI Jakarta jangan gegabah dalam mengambil keputusan untuk memberlakukan kebijakan gage.

"Ini merupakan pilihan yang sulit sehingga perlu dipikirkan secara matang oleh Regulator sebelumnya memutuskan kebijakan tersebut," tutupnya.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Hendra
Sumber : GridOto.com

Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa